oleh

Siswa Madrasah Pelosok Tuban Raih Segudang Prestasi Bergengsi

seputartuban.com, PLUMPANG – Aqsa Zuniar Yusianvira yang duduk siswi kelas VI, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah, Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, meraih prestasi moncer. Meski sekolahnya berada di pelosok Tuban, namun mampu bersaing bahkan meraih prestasi hingga level nasional.

Dia merupakan peraih medali emas bidang matematika terintegrasi dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional.  Yang diselenggarakan secara daring, akhir Oktober lalu.

Sejak kecil, gadis yang lahir di Tuban, 24 Juni 2010 ini sudah mulai menunjukkan bakatnya. Hal itu  terbukti saat masih duduk di bangku RA, dia berhasil meraih juara lomba menyanyi tunggal tingkat TK/RA se-Kecamatan Plumpang. Tak hanya itu, berbagai kejuaraan juga telah berhasil diraih. Mulai dari lomba menyanyi, baca puisi, Pildacil, tartil qur’an, olimpiade PAI dan juga olimpiade matematika.

Guru pembina siswa prestasi ini,  Romadhon saat dikonfirmasi mengatakan, mulai bangku MI, bakatnya terus dieksplor dengan selalu mengikuti berbagai ajang kompetisi seperti Pildacil, puisi. Saat duduk di kelas 2 MI, Aqsa sudah mulai dia bombing sendiri untuk mengenal  dengan dunia olimpiade.

“Dan sejak saat itulah Aqsa menggeluti dunia olimpiade, utamanya adalah Olimpiade Matematika. Tentunya prestasi ini sangat membanggakan sekali, Dia (Aqsa) berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik”, katanya, Rabu (3/11/2021).

Aqsa , yang merupakan putri pertama pasangan dari Mujiyanto dan Zumrotus Sai’idah. Pada Tahun 2020, Aqsa juga meraih medali perak Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) tingkat nasional. Ditahun yang sama juga meraih juara 2 lomba tartil qur’an (MTQ) Kabupaten Tuban.

“Untuk mencapai semua prestasi yang sudah didapatkan tentu saja tidak diraih dengan mudah, tetapi butuh perjuangan dan proses panjang. Dan memang sejak kecil semangat belajarnya sangat tinggi”, jelasnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Sahid,  setelah dinyatakan menjadi juara tingkat nasional, maka penghargaan dan pembinaan selanjutnya oleh Kanwil Kemenag Propinsi  Jatim. Sedangkan Kemenag Tuban, akan mengundang Aqsa untuk diberikan penghargaan atas prestasi yang telah diraihnya. “Hal ini sangat  membanggakan kita semua dan tentunya bisa  menginspirasi siswa siswi dan madrasah yang lain,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru