oleh

SIKIB Berharap UKM Terus Dikembangkan

Penulis : Hanafi

TUBAN

Anggota SIKIB saat belanja batik di kawasan Jalan Letda Seotjipto Tuban

seputartuban.com – Usaha Kecil Menengah (UKM) harus semakin ditumbuhkan. Karena dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan menyediakan permodalan yang mudah dicapai oleh masyarakat luas.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) Sylvia Laksono, istri Agung Laksono Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat saat dikonfirmasi seputartuban.com, di Toko Bathik Tulis Gedhog, Jl, Letd Sucipto, Tuban, Rabu (30/1/2013).

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat harus merata. Warga yang hanya memilik modal kecil harus dapat menikmati Kredit Usaha Rakyat (KUR). Karena bunga permodalan ringan dan angsuran tidak memberatkan.

Disoal, metode pemberian permodalam, pemerintah harus mengatur sepenuhnya dengan mempertimbangkan sisi kesejahteraan. Adapun untuk usaha yang sudah maju, harus selalu dibina. Agar bisa memberikan inspirasi lainnya. Sedangkan pola pembinaan yang perlu dilakukan tidak hanya permodalan saja. Melainkan juga meliputi, pemasaran, pelatihan sampai pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA).

“Masih banyak persediaan alam untuk digunakan sebagai UKM. Tinggal kita menggali lebih banyak lagi. Disinilah peran aktif pemerintah, tidak usah menunggu ada yang minta modal, kalau perlu mencetak batik gedhog yang banyak. Agar jadi brand Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Salam kesempatan ini, turut hadir 4 anggota SIKIB lainnya yakni Diketahui, SIKIB yang hadir adalah, Erna Witoelar, Istri Rachmad Witoelar (mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup) yang sekarang menjabat Ketua Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI).

Mieke Suswono, istri Suswono, Menteri Pertanian. Yuliana Kambuaya, istri Balthasar Kambuaya, Menteri Lingkungan Hidup. Umi Rusman, istri Rusman Heriawan, Wakil Mentri Pertanian.  Dan Nafsiah Dahlan, istri Dahlan Iskan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Terbaru