SH Terate Paling Getol Bantu Korban Banjir Bandang Kerek

seputartuban.com, KEREK – Organisasi silat Persaudaraan Setia Hati Terate biasa dikenal SH Terate paling giat membantu masyarakat korban bencana banjir bandang di Kecamatan Kerek. Hasil pantauan menyebutkan, SH Terate adalah organisasi masyarakat atau komunitas masyarakat yang hingga hari ke empat, Senin (14/03/2022) masih membantu masyarakat dengan mengerahkan anggotanya sejak sehari bencana terjadi.

Ketua SH Terate Ranting Kerek, Sunarto menjelaskan pihaknya sejak sehari setelah bencana, Jumat (11/03/2022) jajaran pengurus rayon (setingkat desa) sudah mulai membantu masyarakat. Mulai pembersihan dan perbaikan rumah, pembersihan dan perbaikan fasilitas umum hingga pembagian paket sembako.

“Semua rayon sudah berperan membantu masyarakat. Lokasi kita bagi sesuai kebutuhan. Kita juga berkoordinasi dan berkolaborasi dengan masyarakat, Forkopimka dan BPBD Kab. Tuban saat di lapangan,” jelasnya.

Ratusan anggota SH Terate dikerahkan mulai siswa hingga warga (sebutan anggota tetap). Bahkan pengurus mendirikan Posko Bencana untuk memudahkan koordinasi teknis internal maupun eksternal.

“Kita juga dibantu Pamter Cabang, armadanya dipakai angkutan pembersihan sampah. Sedangkan personil Pamter dari luar kecamatan juga dating membantu,” imbuhnya.

Diketahui, meski sudah beberapa hari banjir bandang telah usai. Namun pemerintah belum memiliki data dampak dari bencana itu. Sesuai komentar Camat Kerek, Nanang Wahyudi, Sabtu (12/03/2022) malam dalam berita sebelumnya. Saat ditanya terkait data dampak bencana banjir bandang tersebut  menegaskan pihaknya belum siap.

Karena masih proses pendataan belum selesai. “Ahlinya BPBD, karena kami terdampak lebih memikirkan langkah-langkah kongkrit terkait pemulihan dan kebersihan,” jelasnya. NAL

Print Friendly, PDF & Email