oleh

Selama 2013, Terbanyak Guru Selingkuh Digugat Cerai Istrinya

TUBAN

seputartuban.com – Selama tahun 2013, 41 Pegawai Negeri Sipil (PNS) bercerai. Karena perselingkuhan, paling banyak adalah kasus cerai gugat, atau istri menggugat cerai suami.

PA Tuban
BANJIR CERAI : Warga saat mengantri di Pengadilan Agama Tuban

Berdasarkan data dari Pengadilan Agama (PA) Tuban, selama 2013 ini kasus perceraian PNS yang banyak adalah cerai gugat atau wanita yang mengajukan perceraian, sebanyak 23 perkara. Sedangkan cerai talak atau pria yang mengajukan perceraian, sebanyak 18 perkara.

Wakil Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Tuban, Sholihin Jami’ saat dikonfirmasi kemarin mengatakan, penyebab dari perceraian untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena perselingkuhan. “Dari 41 perkara, yang paling banyak pegawai dari tenaga pendidikan atau guru. Hal ini disebabkan karena saat ini kesejahteraan guru yang semakin meningkat, seperti dengan adanya sertifikasi untuk guru dan kenaikan gaji,” katanya.

Meningkatnya kesejahteraan guru sebenarnya menjadi kesempatan untuk memperbaiki keluarga. Namun bagi yang belum siap secara moral spiritual dengan kecukupan serta perkembangan zaman, justru menjadi persoalan baru. “Masyarakat kita belum siap didalam menghadapi perkembangan teknologi dan globalisasi. Laki-laki yang ketika ekonominya meningkat dan tidak disertai dengan penataan moral maka akan melakukan tindakan diluar akal sehatnya,” pungkas Sholihin. (lis)

Terbaru