Rangkaian Peringatan HUT ke-11 Partai NasDem di Tuban

Tasyakuran dan Khotmil Quran serta Ziarah

seputartuban.com, TUBAN – Partai NasDem telah memasuki usia 11 tahun jumat (11/11/200). Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) diperingati pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Tuban. Rangkaian kegiatan awal digelar selama dua hari. Sebelumnya, Kamis (10/11/2022) lalu seluruh pengurus melakukan ziarah makam ulama dan umara di Tuban juga para pahlawan atau para pendahulu.

Ziarah yang dipimpin langsung Bendahara DPD Partai NasDem Tuban sekaligus Ketua Panitia peringatan HUT ke-11 Partai NasDem Syamsul Hadi cukup istimewa. Sebab Wakil Bupati Tuban Riyadi hadir turut menyertai rangkaian kegiatan partai dengan tagline Bersatu, Berjuang, Menang. Orang nomor dua di Pemerintah Kabupaten Tuban ini turut ziarah di tujuh makam.

Yakni Makam Sunan Bonang, Makam R. Ronggolawe, Makam R. Sujono Putro (Boto), Makam R. Dandang Watcono, Makam R. Brawijaya, Taman Makam Pahlawan dan Makam Ibrahim Asmoroqondi. Hadir pula tokoh agama KH Agus Abdullah Ubaidi, Habib Muhsin, serta Habib A. Muhajir. Bersama pengurus menggelar tahlil sekaligus tabur bunga di dalam cungkup.

Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, S.H., mengapresiasi ziarah yang diprakarsai DPD Partai NasDem Tuban dalam merayakan HUT ke-11 Partai NasDem sekaligus memperingati Hari Pahlawan dan Hari Jadi Tuban ke-729. 

Disampaikan dia ziarah ke makam ulama dan umara tidak sekadar untuk menunjukkan bahwa DPD Partai NasDem Tuban menghargai sejarah. Ziarah tersebut juga untuk lebih menguatkan komitmen seluruh jajaran pengurus partai besutan Surya Paloh itu dalam meneladani para ulama dan umara di masanya. Termasuk bagaimana mereka memberikan keteladanan hidup rukun dan bekerja sama dalam memimpin, membina, serta mengayomi masyarakat.

Kang Riyadi, sapaan akrabnya melanjutkan, suasana guyub dan rukun harus tercipta di kalangan ulama dan umara. Harapannya, agar iklim sosial di masyarakat berlangsung harmonis dan mendukung tumbuh kembangnya kemajuan suatu daerah.

Ziarah NasDem
ZIARAH : Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, S.H. bersama tokoh dan pengurus DPD NasDem Tuban saat akan berziarah di Makam Sunan Bonang Tuban. (foto : seputartuban.com)

Samsyul Hadi, ketua panitia pelaksana Peringatan HUT ke-11 Partai NasDem di Tuban menyampaikan hal serupa. Dia menyampaikan ziarah merupakan bagian dari penghargaan terhadap sejarah sekaligus menguatkan komitmen dalam meneladani jejak para ulama dan umara.  “Semoga pada pemilu 2024 mendatang Partai Nasdem menjadi pemenang,” tegasnya.

Selain memperingati HUT ke-11 Partai NasDem, lanjut dia, ziarah yang diprakarasai partainya juga untuk memperingati Hari Pahlawan dan Hari Jadi Tuban ke-729. ‘’Semua ulama dan umara yang kami ziarahi adalah pahlawan. Mereka berjasa besar bagi Kabupaten Tuban,’’ jelasnya.

Rangkaian peringatan lainnya digelar tepat pada hari lahir kemain (11/11). Yakni Tasyakuran dan Khotmil Quran di kantor DPD Partai NasDem Tuban. Wabup Tuban Riyadi turut hadir dan memotong kue ulang tahun serta tumpeng. (NAL/PAR)

Print Friendly, PDF & Email