oleh

PSHT Cabang Tuban Pelopori Silaturahmi Lintas Perguruan Silat

seputartuban.com, TUBAN – Untuk menguatkan kerukunan lintas organisasi silat dan melawan penyebaran Covid-19, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Tuban Pusat Madiun mengundung seluruh pimpinan perguruan silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kab. Tuban. Rabu (17/2/2021) di Padepokan PSHT Cabang Tuban, kawasan Kecamatan Jenu, Kab. Tuban.

Hadir dalam kesempatan ini dihadiri pimpinan perguruan silat, sesepuh dan Ketua Ranting PSHT, Dandim 0811 Tuban. Serta Ketua IPSI Kab. Tuban dan Kapolres Tuban yang diwakili Kasat Intelkam Polres Tuban.

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon dalam sambutannya mengatakan silahturahmi yang diinisiasi oleh PSHT merupakan suatu wadah untuk kebersamaan, Serta untuk menjaga kondusifitas wilayah perlu adanya sinergitas dari berbagai elemen. “TNI-Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari berbagai elemen untuk menjaga kondusifitas wilayah,” katanya.

Dandim mengajak untuk mengawasi adik-adik, atau anak-anak didik perguruan silat secara masif. Termasuk penggunaan teknologi informasi yang sangat cepat dapat diakses.  “Kalau dari ajaran, pasti  semua sama-sama baik. Saya juga berpesan mari sama-sama melawan Covid-19 ini perlu kita bersama-sama melawannya,” jelasnya.

Ketua IPSI Kabupaten Tuban, Faisol Rozi  mengapresiasi langkah PSHT Cabang Tuban yang mempelopori silaturahmi ini. Dia berharap dengan silaturahmi ini dapat menjaga kondusifitas Tuban. “Dunia persilatan tetap guyup rukun dibawah kendali satu kata persatuan dan kesatuan,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua PSHT Cabang Tuban Pusat Madiun, Lamidi menegaskan dalam situasi saat ini bukan hanya menjaga kondusifitas wilayah. Kerukunan antar perguruan silat yang harus dijaga, tetapi juga untuk bersama-sama melawan penyebaran Covid-19. “Maka dari itu, mari kita kesampingkan ego dan menanggalkan bendera perguruan untuk bersatu untuk menjaga kondusifitas dan memerangi pandemi Covid -19,” tegasnya.

Diketahui, saat dialog dilakukan, salah satu pimpinan perguruan silat berharap acara serupa perlu dilakukan secara berkala. Agar tidak terjadi kebuntuan komunikasi. Selain itu juga perlu dilakukan secara berjenjang hingga tingkat kecamatan. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru