oleh

Pola Hidup Sehat, GIB Budayakan Cuci Tangan

Penulis : Hanafi

TUBAN

Siswa SD cuci tangan bersama di Alun-alun Tuban

seputartuban.com – Tidak kurang dari 10 ribu kuman bersarang ditangan setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini disampaikan oleh Ketua Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) Sylvia  Laksono, istri Agung Laksono Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, dalam acara pencanangan Gerakan Indonesia Bersih (GIB) di Alun -Alun Tuban, Kamis (31/1/2013).

Setelah menyapu Alun-Alun Tuban, Sylvia melakukan cuci tangan bersama para hadirin dan para siswa SD. Hal ini bagian dari pesan moral agar budaya cuci tangan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah beraktivitas, tangan akan ditempati sedikitnya 10 ribu kuman. Karena apabila tidak dibersihkan dengan sabun, kuman tersebut akan tetap menempel pada tangan.

Anggota SIKIB dan istri Pejabat lainya saat menyapu Alun-alun

Dampaknya kuman tersebut akan menyerang pencernaan bila sebelum makan tidak dibersihkan. Salah satu bagian penting dalam perlindungan, khususnya kebersihan badan, yakni mencuci tangan setelah beraktifitas. Setelah lingkungan bersih, tubuh juga harus bersih.

Masih menurut Istri Agung Laksono, aksi cuci tangan bersama ini adalah bentuk pembelajaran kepada masyarakat dan siswa. “ini tidak hanya dilakukan saat ini saja. Melainkan saat kita mau makan juga harus cuci tangan. kalau lingkungan sudah bersih, diri kita juga, ” ungkapnya.

Terbaru