oleh

Peringatan Terakhir, Usaha Arak Akan Disegel Sat Pol PP

SEMANDING

seputartuban.com – Satuan Pamong Praja (Satpol PP), Pemkab Tuban memberikan peringatan terakir kepada 20 pengusaha pembuatan bio etanol (sari tape) di Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Senin (16/09/2013).

Usaha Arak Tuban Akan Disegel
PERINGATAN KERAS : Petugas gabungan saat mendatangi lokasi pembuatan bio etanol/arak/sari tape untuk diberikan peringatan ke-2

Peringatan dilakukan terkait adanya rencana penutupan pengusaha arak. Berdasarkan Perda No. 5 Tahun 2004 tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol. Dengan kadar alkohol atau diatas 5% tidak boleh diproduksi dan diperjual belikan. Dasar inilah yang akan dipakai Sat Pol PP Pemkab Tuban untuk menutup usaha yang sudah bertahan lama ini.

Disamping itu dasar penghentian juga sesuai Keputusan Bupati No. 188.45/ 169/ KPTS/414. 012/2013 tentang pencabutan keputusan bupati NO.505/60/414.114/2011 tentang ijin gangguan HO, kegiatan pembelian bio etanol koperasi serba usaha sari tape.

Kasatpol PP, Pemkab Tuban, Heri Muharwanto saat dikonfirmasi melalui ponselnya, mengatakan ke 20 pengusaha mendapat peringatan ke 2 atau sudah hampir disegel.  Pihaknya juga berencana, pada Rabu (17/09/2013) akan melakukan peringatan untuk pengusaha arak di Desa Prunggahan Kulon dan Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.  Pemberian peringatan tahap 2 ini dilakukan untuk memberikan waktu tenggang bagi pengusaha untuk mengemasi barang usahanya sebelum di segel.

Heri juga memastikan 110 pengusaha yang memiliki usaha arak ini akan dilakulan penyegelan secara menyeluruh. Sat Pol PP juga akan mengikut sertakan petugas dari kepolisian dan instansi terkait dalam proses penyegelan. Agar tetap terjalin kordinasi kinerja yang baik.

“Setiap hari selama 1 minggu ini kita akan mendatangi lokasi pembuat arak setiap desa. Awal bulan Oktober 2013 akan dilakukan penyegelan. Tidak ada alasan dan tuntutan, karena kita sudah lakukan kegiatan Pre emtif, preventif. Dan untuk represif kita akan lakukan bersama Polisi. Tadi belum ada penyitaan, ” ungkapnya. (han)

Terbaru