Penyandang Tuna Netra Dilatih Operasikan Komputer

TUBAN

seputartuban.com – Penyandang tuna netra di Kabupaten Tuban dilatih mengoperasikan komputer. Meski ditengah keterbatasanya, 15 peserta nampak antusias mengikuti pelatihan yang digelar di SMK Abdi Negara Tuban selama 4 hari tersebut.

tuna netra latihan
SEMANGAT : Peserta pelatihan komputer tuna netra sangat antusias mengikuti pembelajaran

Ketua Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni)  Cabang Tuban, Bambang Mujiono, saat dikonfirmasi disela-sela pelatihan, Kamis (26/9/2013) mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat. Agar  dapat memiliki kemampuan mengoperasionalkan komputer.

“Kita diajari cara mengoperasikan computer dan program office word. Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari dan hari ini yang terakhir, dan kita sudah bisa mengetik meskipun masih belum lancar,” katanya.

Selama ini peserta sudah memiliki ponsel khusus tuna netra. Dengan pelatihan ini berharap tidak ketinggalan zaman. Dengan menggunakan komputer hingga mengakses internet. “Kita sudah punya telepon genggam yang khusus untuk tuna netra. Kita ingin yang lebih tinggi lagi, sehingga kita bisa mengakses informasi melalui internet,” ungkapnya.

Terpisah, instruktur dari pengurus Pertuni Surabaya, Roy Lukman mengatakan, pelatihan ini adalah pelatihan komputer dasar, sehingga peserta bisa mengenal dan bisa mengoperasikan komputer.  “Kita menggunakan program screen reader Jaws. Karena orang tuna netra tidak bisa melihat. Sehingga mereka mengoperasikan dengan cara mendengarkan perintah melalui teliga atau pendengarannya,” jelasnya.

Diketahui kegiatan ini digelar oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pemkab Tuban. Dilaksanakan mulai Senin (23/09/2013) sampai Kamis (26/09/2013). Bekerjasama dengan Pertuni Surabaya sebagai istrukturnya. Kegiatan ini juga pertamakali dilakukan di Kabupaten Tuban. Peserta pelatihan ini terdiri dari 9 peserta laki-laki dan 6 peserta perempuan. Mereka berasal dari Kecamatan Semanding, Kecamatan Palang dan Kecamatan Tuban. (lis)

Print Friendly, PDF & Email