oleh

Peduli Asap dan Kekeringan, Warga Bancar Sholat Istisqa

BANCAR

PEDULI SESAMA : Pelaksanaan sholat Istisqa diikuti lintas masyarakat
PEDULI SESAMA : Pelaksanaan sholat Istisqa diikuti lintas masyarakat

seputartuban.com – Berharap segera turun hujan, masyarakat Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Senin (26/10/2015) pukul 13.00 WIB melaksanakan sholat istiaqa, di lapangan Desa Banjarejo, kecamatan setempat. Masyarakat, pelajar, pegawai, guru, TNI dan Polri menyatu dalam kegiatan ini.

Ratusan masyarakat melaksanakan sholat 2 rokaat meminta hujan. Harapanya Allah SWT segera menurunkan hujan, agar kekeringan tidak lama. Dengan hujan akan menurunkan berkah. Yakni dari sektor pertanian maupun ketersediaan sumber air.

“Semoga Allah menurunkan hujan sehingga kemarau yang berkepanjangan ini segera berakhir,” ungkap Ketua MWC NU Bancar, Khusnan.

Saat ini di Kecamatan Bancar, sebagian besar sumber air warga sudah mulai mengering. Ini sangat dikhawatirkan jika hujan tidak segera turun akan berdampak buruk kepada masyarakat.

Usai sholat, jamaah diberi minuman dawet. Ini bagian tidak terpisahkan ritual yang dilakukan masyarakat. “Ya dari dulu tradisinya begitu (pakai dawet),” imbuhnya.

Dengan sholat ini selain memohon kepada Allah, sebagai sarana meningkatkan silaturrahmi lintas sektor. Muali dari masyarakat, pelajar hingga aparatur pemerintah menjadi satu dalam jamaah.

Diketahui bertindak sebagai Imam adalah Khusnan. Sedangkan menjadi khotib adalah anggota MUI Bancar, Abdul Wakhid.

Kapolsek Bancar, AKP Ahmad Basir mengatakan pelaksanaan sholat ini menindaklanjuti perintah dari Kapolres Tuban untuk melaksanakan sholat Istisqa masing-masing wilayah Polsek. “Intinya itu mas, juga terkait kabut asap dibeberapa daerah. Kalau turun hujan apinya bisa mati,” ungkapnya. ARIF AHMAD AKBAR

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru