Para Pendekar SH Terate Tuban “Bertarung” Keahlian Hafal dan Tartil Qur’an

seputartuban.com, TUBAN – Para pendekar Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Tuban, Selasa (18/04/2023), se-Cabang Tuban, mengikuti lomba Tahfidzul Qur’an dan Tartil Qur’an. Acara yang digelar di padepokan tersebut antusias diikuti para calon warga (sebutan calon anggota) dari masing-masing perwakilan pengurus tingkat kecamatan.

Sebanyak 42 peserta yang dibatasi perwakilan ranting (pengurus kecamatan) mengikuti perlombaan dengan juri yang seluruhnya hafal Al Qur’an dan anggota SH Terate tersebut. Peserta terdiri dari usia remaja hingga dewasa. Perlombaan ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban dengan menandatangani piagam juara oleh Kepala Kantor Kemenag Tuban.

Ketua SH Terate Cabang Tuban, Lamidi menjelaskan lomba ini merupakan tindaklanjut dari program cabang. Menggratiskan biaya pengesahan (wisuda anggota) bagi siswa yang sudah Tahfidz (hafal Al Qur’an) sehingga digelar kegiatan ini. “Semoga kedepan semakin banyak tahfidz-tahfidz dari SH Terate,” harapnya.

Membumikan Al-Qur’an juga bagian dari ajaran SH Terate khususnya bagi siswa dan anggota yang beragama islam. Karena diantara ajarannya adalah patuh terhadap aturan dan ketentuan agamanya masing-masing. “Mayoritas anggota dan siswa SH Terate di Cabang Tuban adalah muslim, maka kegiatan ini sangat penting dilakukan. Sebagai sarana menjalankan program dan ajaran sekaligus mendidik para siswa dan anggota,” ungkapnya.

Total hadiah Rp. 5 juta diberikan kepada pemenang. Dalam kategori lomba Tahfidz sebagai juara 1 perwakilan dari Ranting Jatirogo, Susilo Ilham Saefudin. Juara 2 dari Ranting Montong, Frizka Zikalatul Abela. Juara 3 dari Ranting Soko, Abelia Dwi Rahmadhani. Sedangkan sebagai juara harapan peserta dari Ranting Palang, Ranting Kerek dan Ranting Bangilan.

Untuk lomba tartil Qur’an sebagai juara 1 dari Ranting Singgahan, Ali Mashuri. Juara 2 dari Ranting Kenduruan, Yunita Radella Wati. Juara 3 dari Ranting Grabagan, Riria Azizatun. Sedangkan juara harapan peserta dari Ranting Tuban, Ranting Rengel dan Ranting Jenu. Diketahui, dalam acara ini juga dilakukan pemberian santunan 50 anak yatim dan dhuafa. Dari masyarakat 4 kecamatan sekitar padepokan SH Terate Cabang Tuban. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email