Kajari Tuban, PKBM Solusi Tepat Mengejar Ketertinggalan Pendidikan

seputartuban.com,  MONTONG – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban, Iwan catur karyawan, mengapresiasi dan memberikan motivasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Adhiyaksa Tuban. Karena kiprahnya telah melaksanakan pendidikan gratis 100% selama beberapa tahun terakhir. Hal ini selain membantu masyarakat secara langsung juga membantu pemerintah. Khususnya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan warga belajar sebagian besar berusia diatas 21 tahun.

Ditegaskan PKBM Adhyaksa Tuban mendapat apresiasi dari pejabat Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur. Karena dari sejumlah laporan yang disampaikan oleh Kejari Tuban mendapat perhatian lebih. Apresiasi secara langsung maupun menjadi bahan publikasi Kejati Jatim.

“Saya sempat kaget karena Lembaga ini (PKBM Adhyaksa Tuban) mendapat apresiasi dari Kejaksaan Tinggi, dibuktikan dengan seringnya berbagai kegiatan yang dilaksanakan PKBM Adhyaksa, dimuat didalam website resmi milik kejaksaan. Baik dari pemberitaan tugas, IG, Twiter dan sarana publikasi lainya,” terangnya di Sekretariat PKBM Adhyaksa Tuban, Senin (17/04/2023) sore.

Silaturahmi Kajari Santuni Anak Yatim 1
BERBAGI : Kajari Tuban (tengah) didampingi Kasi Intel Kejari Tuban dan Direktur PKBM Adhyaksa Tuban memberikan santunan. ARIF AHMAD AKBAR/seputartuban.com

Pihaknya akan selalu mendukung penuh penguatan dan pengembangan PKBM. Hal itu mengingat keberadaan PKBM merupakan solusi tepat bagi masyarakat untuk mengejar ketertinggalan pendidikan. Maka meningkatkan mutu kualitas dan kuantitas pengolaan PKBM harus lebih ditingkatkan.  Khususnya usia 21 tahun keatas yang belum mendapat bantuan operasional, diharapkan mendapat perhatian khusus. Karena kategori inilah yang mampu menopang IPM.

“Terimakasih karena sudah tanpa pamrih mendedikasikan diri untuk berbuat baik sebagai tutor di PKBM Adhiyaksa. Karena sudah secara ikhlas memberikan pengajaran, pendidikan tanpa pamrih kepada warga belajar yang belum sempat mengenyam pendidikan, putus sekolah, atau belum berkesempatan melanjutkan pendidikan,” ungkap Kajari didampingi Kasi Intel Kejari Tuban, Muis Ari Guntoro.

Iwan berharap agar seluruh tutor PKBM tetap Kompak, semangat membantu memfasilitasi pendidikan bagi masyarakat yang belum dapat mengenyam pendidikan formal.  Serta terus melakukan inovasi untuk perkembangan pelaksanaan kegiatannya. “Baru disini (Tuban) saya memiliki pengalaman berbeda dari sebelum – sebelumnya. Karena kegiatan PKBM yang terselenggara disini, saya tidak menjumpainya ditempat tempat (kejaksaan) lain,” tegasnya.

Pemberihan arahan dan motivasi ini dilakukan Kajari Tuban kepada para tutor serta perwakilan warga belajar. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan pembagian paket bantuan kepada warga belajar. Serta santunan anak yatim sekitar sekretariat PKBM Adhyaksa Tuban. ARIF AHMAD AKBAR

Print Friendly, PDF & Email