oleh

Operasi Zebra Semeru 2021, Kedepankan Persuasif Edukatif

seputartuban.com, TUBAN – Kepolisian Resor Tuban melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka operasi Zebra Semeru 2021. Untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan mewujudkan keamanan keselamatan dan ketertiban serta kelancaran berlalu lintas di masa pandemi Covid-19.

Apel yang digelar dilapangan Mapolres Tuban tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Tuban serta diikuti oleh pasukan gabungan TNI, Polri, Satpol-PP serta Dinas Perhubungan kabupaten Tuban, Senin (15/11/2021).

Operasi rutin kewilayahan dengan sandi “Zebra Semeru 2021” akan dilaksanakan mulai tanggal 15 hingga 28 November 2021. Dengan sasaran antara lain, masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan  dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas serta sosialisasi pembatasan mobilitas masyarakat menjelang Natal dan tahun baru 2022.

Kapolres Tuban AKBP Darman, menjelaskan, dalam pelaksanaan operasi zebra yang akan dilaksanakan selama 14 hari tersebut pihaknya akan mengedepankan kegiatan persuasif dengan memberikan edukasi larangan mudik Natal dan tahun baru untuk mencegah terjadinya cluster baru Covid-19.

“Target operasinya adalah masyarakat pengguna jalan dan penegakan protokol kesehatan dengan mengedepankan persuasif. Mudah-mudahan dengan edukasi pelarangan mudik Natal dan tahun baru bisa mengantisipasi covid varian yang baru. Ini harus diantisipasi jangan sampai seperti libur tahun kemarin akhirnya meledak,” jelas Darman usai pelaksanaan apel.

Darman menambahkan bahwa angka kecelakaan tahun ini cenderung mengalami kenaikan sekitar 12% dibandingkan tahun lalu.”Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya operasi Zebra tahun ini juga bisa menekan angka Laka lantas,” harapnya.

Disinggung mengenai persiapan yang dilakukan Polres Tuban dalam menghadapi menjelang Natal dan tahun baru 2022, Darman menjelaskan akan mempersiapkan personil untuk melaksanakan pengamanan. Mulai pos pengamanan maupun pos pelayanan yang akan ditempatkan di gereja-gereja juga pos pengamanan di tempat-tempat wisata.

“Harapannya nanti disaat pergantian tahun baru masyarakat jangan terlalu euforia karena Tuban masih level 3 jangan sampai terjadi Kerumunan yang mengakibatkan cluster baru,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru