Mulai 2022, Calon Pengantin Ikuti Bimbingan Nikah

seputartuban.com, TUBAN – Selama tahun 2021 sebanyak 9.086 pasangan pengantin menikah di seluruh wilayah Kabupaten Tuban. Data terkumpul dari 20 Kantor Urusan Agama (KUA) Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban. Disayangkan, jumlah perceraian masih cukup tinggi. Sehingga Kemenag Tuban akan memberlakukan bimbingan calon pengantin.

Dari jumlah 9.086 pasangan pengantin, yang menikah di luar kantor ada sebanyak  7.679 pasangan. Sedangkan 1.407 lainnya menikah di Kantor KUA. “Dari data pernikahan selama 2021 sebanyak 9.086, dan  kita juga cukup prihatin karena di Kabupaten Tuban angka perceraiannya juga cukup tinggi,” kata Kasi Bimas Islam, Kemenag Kab. Tuban,  Mashari, Kamis (10/02/2022).

Mashari menambahkan, perceraian yang cukup tinggi ini tentu bukan hanya tanggung jawab institusinya. Namun juga merupakan tanggung jawab  bersama. Seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Tuban diharapkan juga harus ikut mencari solusi agar perceraian dapat dikurangi.

Maka dari itu, Kemenag Tuban melakukan upaya tahun 2022 ini, dengan mengadakan program bimbingan perkawinan (Bimwin) calon pengantin (catin). Secara mandiri bagi Catin yang sudah terdaftar di masing-masing KUA. “Untuk Bimwin Catin Insyaallah akan kami launching tanggal 16 februari 2022. Yang nantinya kita akan undang pimpinan daerah dan instansi terkait,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk mekanisme pelaksanaan bimwin Catin  rata-rata dilakukan sebelum hari pelaksanaan akad nikah. Mulai dari 10 dan ada yang  5 hari sebelum hari pernikahan. Yang nantinya dalam pemberian materi dalam  melaksanakan bimbingan akan melibatkan dari tenaga KUA, petugas penyuluh dari Kemenag. “Memang dalam Binwin Catin tidak merupakan suatu  hal yang wajib. Akan tetapi dari Catin sendiri sudah mempunyai kesadaran tersendiri. Pada intinya program Binwin  ini tersampaikan kepada seluruh Catin,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email