oleh

Mimpi Nelayan Tuban Berdaya dan Kreatif

TAMBAKBOYO

HOL

seputartuban.com-Kelompok nelayan Desa Glondonggede Kecamatan Tambakboyo dan Desa Socorejo Kecamatan Jenu menerima bantuan apartemen ikan dari PT Holcim Indonesia.

Bantuan 100 modul apartemen ikan yang diberikan kepada nelayan kawasan pabrik semen itu dilakuan secara simbolis di Desa Glondonggede, Jumat (28/11/2014) siang. Hadir dalam kesempatan ini Bupati Tuban Fathul Huda serta General Manager PT Holcim Indonesia Pabrik Tuban, Sidik Darusulistyo.

Menurut Sidik, apartemen ikan sendiri merupakan rumah ikan buatan untuk mengumpulkan ikan dengan memberikan tempat berlindung dan tempat memijah telur yang ditempatkan pada titik tertentu. Dengan adanya apartemen ikan itu, nelayan bisa lebih mudah dalam menentukan titik-titik penangkapan dan memiliki kesempatan lebih besar mendapatkan tangkapan ikan yang bernilai ekonomis tinggi.

Selain itu, sambung dia, nelayan juga turut berkontribusi terhadap penyelamatan ekosistem laut karena apartemen ikan termasuk sistem penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Dalam pembuatan apartemen ikan itu, PT Holcim bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada dan Balai Besar Pengembangan dan Penangkapan Ikan Semarang.

“Kami ingin mengajak para nelayan berkontribusi menjaga ekosistem laut dengan cara menangkap ikan yang ramah lingkungan,lebih berdaya dan kreatif,” ungkap Sidik.

Sementara Bupati Tuban Fathul Huda dalam sambutannya, mengatakan bahwa perusahaan harus memanfaatkan program CSR- nya untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

“Kontribusinya harus lebih ditingkatkan. Salah satunya kesejahteraan para petani yang ada di sekitar pabrik. Selain itu perlu seringnya koordinasi antara perusahaan dengan pemerintah desa, sehingga kerjasama dan kebersamaan bisa selalu terjalin,” tutur Huda.

Dia mengimbuhkan, segala sesuatu itu harus didasari dengan hati. Kalau hanya transaksional saja maka tidak akan bisa membangun hubungan yang baik.

“Selain itu juga harus didasari rasa saling cinta mencintai agar kehidupan menjadi tenteram dan nyaman,” tandas Huda.  MUHLISHIN

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru