oleh

Mau Miliki Surat Nikah Digital ?, Ini Syaratnya

seputartuban.com, TUBAN – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Tuban, Sahid telah melaunching kartu nikah digital, Senin (2/8/2021) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tuban. Fasilitas ini tidak hanya berlaku bagi penganti baru saja, tetapi juga bagi pasangan suami-istri yang sudah lama menikah.

“Semua pasangan pengantin di Tuban bisa mendapatkan kartu nikah digital. Datang saja ke KUA di mana mereka menikah,” kata Sahid.

Bagi pasangan suami-istri yang sudah lama menikah dan menginginkan kartu nikah digital, caranya dengan mengajukan permohonan kepada Kepala KUA setempat. Dengan melampirkan, foto copy buku nikah, foto copy KTP dan Kartu Keluarga (KK) serta pas poto 4×6 background biru. “Dengan kartu nikah digital, pasangan suami istri tak perlu ribet membawa buku nikah saat bepergian atau menginap di luar rumah (penginapan),” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Tuban, Mashari menjelaskan hal ini sebagai tindak lanjut Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor : 758 tahun 2021, tanggal 22 Juli 2021, tentang Revitalisasi KUA Kecamatan. “Launching Kartu Nikah Digital sudah dilakukan dari Menteri agama, kemudian kita bersiap diri mengadakan pelatihan-pelatihan dan  akhirnya tuban melakukan  launching program tersebut,” jelasnya.

Mashari menambahkan jika sudah mendapat surat nikah digital tetap mendapat buku nikah fisik. Karena digital itu sebagai salinan dan kartu tersebut  tidak bisa dipalsukan.

“Dengan di launchingkannya kartu nikah digital, masyarakat Kabupaten Tuban bisa mengambil kesempatan ini. Dan layanan dari Kementerian Agama Kabupaten Tuban biberikan tidak dipungut biaya apapun alias gratis,” tegasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru