oleh

Maraknya Penghadangan di Tuban, Bukti Petani Kelimpungan ?

seputartuban.com, TUBAN – Petani di Kabupaten Tuban sebagian diantaranya saat ini mengalami kesulitan dalam membeli pupuk bersubsidi. Terbukti semakin maraknya aksi penghadangan yang dilakukan masyarakat belum lama ini disejumlah wilayah.

Hasil pantauan seputartuban.com, menyebutkan peristiwa penghadangan distribusi pupuk subsidi pada Kamis (23/10/2020) di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kab. Tuban. Kemudian terjadi lagi di Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kamis (5/11/2020). Aksi serupa namun belum sampai terlaksana juga terjadi di kawasan Kecamatan Montong. Namun warga yang akan menghadang dan belum terjadi tersebut adalah dari luar desa setempat.

Aksi serupa juga terjadi di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Selasa (10/11/2020). Dihari yang sama juga terjadi di pertigaan Dusun Pule, Desa Mander, Kecamatan Tambakboyo. Bergolaknya masyarakat akibat mereka sudah memasuki masa perawatan tanamannya, namun tidak mendapatkan pupuk di wilayahnya masing-masing. Sehingga memicu aksi penghadangan disejumlah wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji saat ditanya menanggapi pernyataan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein bahwa stok pupuk masih cukup sampai akhir tahun. Tetapi kondisi terjadi petani sering melakukan penghadangan, bukti bahwa mereka kesulitan membeli pupuk. Murtadji kembali menegaskan bahwa stok pupuk subsidi masih cukup sampai akhir Desember 2020.

“Sebenarnya Insya Allah pupuk tercukupi sampai Akhir Desember 2020. Tetapi karena ada perubahan baru dari manual ke elektronik dan adanya Kartu Tani sehingga hampir satu bulan setengah distributor belum bisa kirim pupuk  ke kios atau kelompok Tani. Sehingga baru pertengahan Oktober baru bisa distribusi  pupuk padahal hujan turun lebih dulu ,” jelasnya.

Ditanya soal pengawasan selama ini yang telah dilakukan, Murtadji kembali menegaskan dilakukan bersama para pihak terkait. “Pengawasan Team KP3 melibatkan semua institusi terkait seperti Dinas Koperindag Dinas Pertanian  Polres Kodim Kejaksaan. Sedang alokasi pupuk untuk Kabupaten Tuban hanya diberi 35 persen dari RDKK (Rencana Devinitif Kebutuhan Kelompok),” tegasnya. NAL

Terbaru