Published On: Sen, Jul 20th, 2020

Makna Dalam Festival Pencak Silat, Dari Covid-19 Sampai Pilkada

seputartuban.com, TUBAN – Festival Seni Pencak Silat yang dilaksanakan Kodim 0811 Tuban, Minggu (19/7/2020), memiliki banyak pesan. Hal itu diungkapkan Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon. Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif memilih menggunakan event pencak silat, mengapa demikian ?

Menurut Dandim, Pencak silat merupakan budaya asli leluhur Indonesia yang patut dilestarikan. Pencak silat diminati hampir seluruh pemuda dan pemudi Kabupaten Tuban.

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Viliala Romadhon saat membuka Festival Seni Pencak Silat

Kedua, sehingga melalui event ini Dandim 0811 Tuban menitipkan beberapa pesan kepada 19 ketua perguruan pencak silat di Tuban untuk disampaikan kepada seluruh murid terkait beberapa hal penting yang sedang dan akan dihadapi oleh masyarakat Tuban. Saat ini Tuban sedang menghadapi pandemi Covid 19, diharapkan melalui kegiatan latihan rutin, ketua perguruan menekankan kepada para murid untuk dapat menjaga disiplin kesepatan dalam kegiatan sehari hari, diantara selalu mengginakan masker, melakukan jaga jarak (physical distancing) serta menjaga kebersihan diri dalam setiap kegiatan.

Setiap perguruan pencak silat tentunya memiliki dan mengajarkan kepatuhan serta disiplin. Oleh karena itu, setiap pesilat harus menjadi motor dan tauladan bagi masyarakat Tuban. Dalam melawan covid 19 ini melalui disiplin melaksanakan prosedur atai SOP Covid 19.

Bulan Desember mendatang, Tuban akan melaksanakan Pilkada, diharapkan ketua peguruan memegang teguh tugas perguruan. Yaitu menciptakan jiwa dan raga yg sehat melalui kegiatan-kegiatan pelatihan dan penanaman ajaran-ajaran perguruan yang positif terhadap generasi muda. Serta tidak menjadikan perguruan menjadi kendaraan politk yang nantinya akan dimanfaatlan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadinya.

Karena Dandim 0811 Tuban, memandang jika perguruan silat menjadi sarana politik, hal ini justru akan menentang ajaran-ajaran kebaikan dari perguruan itu sendiri. “Dimana pencak silat ini hadir jutru sebagai pencetak pejuang-pejuang NKRI yang pancasilais, senantiasa menjaga kedamaian dan persaudaraan, nantinya akan justru terpecah pecah dalam kepentingan-kepentingan perorangan atau golongan dan akan mempengatuhi kondusifitas wilayah,” ungkapnya.

Dandim 0811 Tuban mengajak kepada seluruh perguruan untuk bersama-sama menguji komitmen ajaran yang baik dalam kontestasi politik di bulan desember dalam wujud kondusifitas wilayah Tuban di bulan desember mendatang.

Ketiga, pencak silat dengan berbagai macam warna dan ajarannya dapat menjadikan sebuah keterikatan untuk saling menutupi kekurangan satu dengan yang lainnya. Saling bahu membahu bersama dalam membangun Kabupaten Tuban yang kondusif. Khususnya dan mendukung pembangunan Indonesia maju pada umumnnya. Dandim 0811 Tuban berkeinginan untuk mengadakan acara silaturahmi yang betkelanjutan bersama seluruh perguruan pencak silat. Untuk bersama-sama saling bahu membahu berkomitmen menjaga kondusifitas wilayah Tuban. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos