oleh

Lintas Pendekar Tuban Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Bersama

seputartuban.com – Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Tuban, Rabu (17/08/2022) secara serentak di seluruh ranting dan rayon menggelar upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-77. Salah satunya dilaksanakan di Padepokan SH Terate Rayon Guwoterus, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kab. Tuban.

Di Padepokan yang akan diresmikan dalam waktu dekat ini menjadi saksi kebersamaan lintas perguruan silat dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. SH Terate Rayon Guwoterus mempelopori melaksanakan upacara bendera dengan melibatkan perguruan lain.

Para pendekar IPSNU Pagar Nusa, Margaluyu 151 dan IKSPI Kera Sakti kompak mengikuti upacara bendera di padepokan SH Terate Rayon Guwoterus tersebut. Nampak hikmat menjalani kegiatan dengan inspektur upacara dari personil Koramil 0811/19 Montong, Serda Tarwan.

Dalam amanat Pembina upacara, Serda Tarwan mengungkapkan tantangan saat ini dalam mengisi kemerdekaan sangat beragam. Salah satunya adalah adanya perpecahan ditengah masyarakat yang mudah terjadi. Disebabkan hal-hal sepele, kelompok masyarakat saling bertikai, saling menyalahkan dan merasa paling benar. Tanpa dapat menghormati orang lain dan menghargai perbedaan yang sudah menjadi ketetapan Allah SWT. Dengan perpecahan itulah, bangsa ini menjadi lemah. Dengan perpecahan itulah, bangsa lain semakin mudah mempengaruhi negara ini agar tidak berkembang dan maju.

“Sebagai masyarakat yang paham pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa maupun sebagai anggota perguruan silat yang sudah mendapatkan pendidikan kejiwaan, sudah seharusnya menjadi teladan bagi masyarakat. Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Menghargai perbedaan, memandang persamaan bukan mempermasalahkan perbedaan. Karena hakekatnya Indonesia kuat atas perbedaan-perbedaan dari sabang sampai merauke. Perbedaan suku, ras dan agama,” kata Seda Tarwan dalam amanat Pembina upacara.

Tarwan juga menegaskan pendiri SH Terate adalah Ki Hadjar Hardjo Oetomo merupakan Pahlawan Perintis Kemerdekaan RI yang telah mendirikan SH Terate tahun 1922 dan sampai tahun ini sudah berusia 100 tahun. Diharapkan seluruh warga SH Terate dapat menjadi teladan ditengah masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa seperti namanya, yakni Persaudaraan. Sehingga diharapkan dapat mewujudkan persaudaraan sesama anggota maupun lintas organisasi serta sesama anak bangsa.

Koordinator Rayon Guwoterus, Cipnal Muchlip M menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus dan warga SH Terate, serta para tokoh, pengurus dan anggota perguruan silat lainnya. Telah bersama mengikuti upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-77.

“Bukti nyata, bisa bersama meski berbeda demi negara. Kita harapkan tidak hanya formalitas saja, namun dapat menyebar sampai dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagi manfaat baik kepada masyarakat dan bangsa,” harapnya.

Diketahui, SH Terate Cabang Tuban melaksanakan upacara bendera HUT Kemerdekaan RI secara serentak. Mulai di Padepokan Cabang Tuban yang dipimpin oleh Ketua Cabang Tuban dan para sesepuh cabang. Juga dilaksanakan di seluruh padepokan ranting dan rayon serta tempat latihan. Beberapa diantaranya turut serta sukseskan kegiatan serupa di desa. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email