oleh

Lebih Kekinian, Pengedar Obat Daftar G Layani Pelanggan Dengan COD

seputartuban.com, TUBAN – Jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Tuban berhasil mengungkap 14 kasus dan 15 tersangka selama 3 minggu terakhir. Ribuan pil daftar generic (daftar G) berhasil diamankan petugas sebagai barang bukti.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono, Jumat (30/10/2020) dalam jumpa pers di Mapolres Tuban mengungkapkan hasil kerja Satresnarkoba Polres Tuban. “Ada 15 tersangka yang diamankan. Periode waktu penangkapan kurang lebih tiga minggu,” ungkapnya.

Ruruh menjelaskan, 14 kasus yang berhasil diungkap itu terdiri 5 kasus sabu dengan 6 orang tersangka sebagai pengedar dan pemakai. Dari tangan pelaku diamankan barang bukti obat terlarang seberat 3,1 gram sabu.

Kemudian, 9 kasus obat daftar G yang berhasil diungkap oleh anggota terdiri dari 1 kasus peredaran karnopen dan 8 kasus pil dobel L. Dari kasus itu diamankan 9 tersangka. “Barang bukti obat daftar G yang diamankan ada sebanyak 8.449 butir. Terdiri 17 butir karnopen dan 8.432 pil dobel L,” beber Kapolres Tuban.

Modus mereka mnejalankan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi. Mereka melayani pelangganya secara online, sehingga penjual tidak perlu bertemu dengan pembeli. Diantaranya, lewat facebook, jasa paket pengiriman barang, dan Cash on Delivery (COD) atau bayar ditempat kepada pengirim jika barang sudah diterima. “Sistem jual dilakukan secara online, COD, dan paket pengiriman barang. Online ini bisa pakai facebook dan aplikasi WhatsApp,” terang Kasat Resnarkoba Polres Tuban, AKP Daky Dzul Qornain.

Lebih lanjut, ia menjelaskan 15 tersangka diamankan dibeberapa tempat berdasarkan informasi masyarakat dan pengembangan kasus. Diantaranya, pelaku diamankan di wilayah Kecamatan Jenu, Kecamatan Plumpang dan Kecamatan Tuban. “Sasaran peredaran obat terlarang itu untuk pelajar dan masyarakat umum,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru