oleh

Komisi IV DPRD Tuban Dorong Peningkatan Layanan Peserta JKN

seputartuban.com, TUBAN – Membangun kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan dengan jaminan BPJS,  harus didukung kelengkapan sarana prasarana kesehatan serta kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan.

Hal itu di sampaikan oleh Ketua Komisi IV DPRD Tuban, Tri Astuti saat rapat kerja (Raker) bersama dinas kesehatan dan Kepala BPJS, BKSDM, RSUD dr R Koesma, RSUD ali mansyur, di Ruang rapat Dandang Wacana, Gedung Pemkab Tuban, Kamis (08/09/2022)

Tri Astuti mengatakan, ketercukupan SDM dan mutu layanan kesehatan sangat penting. Seperti halnya layanan dengan budaya yang ramah, sopan, santun dan melayani dengan hati merupakan salah satu faktor penting dalam layanan Kesehatan. “Menerapkan budaya sopan santun, ramah, merupakan hal terpenting dalam pelayanan,” tegasnya.

Astuti, panggilan akrab politikus Partai Gerindra itu menjelasakan, upaya perluasan kepesertaan untuk meningkatkan cakupan peserta Jaminan kesehatan Nasional (JKN), yang saat ini Universal Healt Coverge (UHC) telah mencapai 75,43% harus terus dilakukan. Dengan melibatkan pemerintah desa untuk melakukan sosialisasi pentingnya kepesertaan BPJS ini. “Apalagi saat ini kepesertaan BPJS menjadi salah satu syarat misal dalam mengurus SIM,” imbuhnya.

Selain itu, upaya peningkatan mutu layanan dengan berbagai inovasi menyangkut advokasi, digitalisasi klaim fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKRTL), digitalisasi pengelolaan faskes rujukan juga harus terus di evaluasi melalui integrasi sistem informasi.

“Pemenuhan SDM bidang kesehatan di Puskesmas , Dinas kesehatan maupun RSUD menjadi prioritas komisi 4 bersama BKPSDM Tuban, dinas kesehatan, RSUD dr R Koesma, RSUD Ali Mansyur. Termasuk pemenuhan rasio ideal dokter dengan peserta JKN,” terangnya. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email