Published On: Sen, Okt 5th, 2020

Kodim 0811 Tuban Peringati HUT TNI ke-75 Secara Virtual Di Pendopo Kabupaten

seputartuban, TUBAN – Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75, 5 Oktober 2020, dilakuka secara berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena masih dalam  situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Sehingga, Kodim 0811/Tuban melaksanakan kegiatan secara virtual di Pendopo Krido Manunggal Kabupaten Tuban.

Dengan diikuti pimpinan daerah dan 50 undangan lainnya. Diantaranya , Kepala Kesbangpol Kab.Tuban, Danki Yonmek 521/DY, Poskes 05.10.07. Jajaran Danramil dan perwira staf Kodim 0811 Tuban. Perwakilan Kapolsek dan perwira staf Polres Tuban. Kepala BPBD Kab. Tuban, Ketua Pepabri Tuban, perwakilan Puslatpur Marinir Bancar.

Pelaksanaan Upacara HUT TNI ke-75 ini, langsung secara virtual disiarkan dari Istana Negara Jakarta. Sebagai puncak acara peringatan HUT TNI.

TETAP SEMANGAT : Meski dilkukan secara virtual, upacara tetap berlangsung hikmat

Dalam upacara secara virtual, yan dipusatkan di Istana Negara tersebut, Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya mengatakan, peringatan HUT TNI menjadi perayaan bersama TNI dan seluruh rakyat Indonesia. Personil TNI merupakan penjaga utama kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi rakyat dari berbagai ancaman. Kontribusi TNI tidak hanya dalam operasi perang tapi juga kegiatan sosial lainnya, termasuk penanganan Covid-19.

Pada peringatan HUT TNI ke-75 ini, Presiden Jokowi mendukung peningkatan kapasitas  dan kapabilitas, serta tranformasi organisasi TNI. Perubahan tersebut dimaksudkan agar  TNI dapat kian adaptif dan mampu mengadopsi teknologi militer terbaru yang mampu merubah strategi dan karakter perang di masa depan.

Dalam kurun 5 tahun terakhir, TNI telah melakukan pembentukan komando gabungan 3 matra dan sejumlah satuan organisasi baru. “Langkah ini guna mendukung kemajuan TNI,” sambung Presiden Jokowi. 

Peringatan HUT TNI ke-75 mengangkat tema Sinergi Untuk Negeri. Presiden Jokowi menekankan pentingnya sinergi TNI antar lini dan matra.

Selain itu, perlu terus menguatkan sinergitas antara TNI dengan Polri dan pemerintahan. Sinergitas tersebut menjadi kekuatan penting untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta merawat ideologi bangsa.

Selaku Panglima Tertinggi TNI, Presiden Jokowi berpesan, agar TNI terus meningkatkan kemampuan, profesionalisme, kesiapan-kesiapan. Senantiasa menjaga Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, serta menjadikan sinergi untuk membangun negeri.

 “Atas nama rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih kepada TNI dan purnawirawan yang telah memberikan pengabdian kepada bangsa dan Negara Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan kemanunggalan TNI yang menyatu dengan rakyat dapat ditingkatkan. Kebersamaan TNI bersama rakyat membawa manfaat bagi berbagai sektor, diantaranya ketahanan pangan, keamanan, dan penanganan wabah penyakit. Personil TNI Kodim 0811/Tuban juga senantiasa berkoordinasi dengan Pemkab Tuban dalam upaya memajukan Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban mengapresiasi jajaran personil Kodim 0811/ Tuban yang terlibat pada percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Tuban. Virus Corona yang menyerang Bangsa Indonesia dapat mendapat perhatian lebih dari masyarakat. Penanganan dan pencegahan Covid perlu melibatkan semua pihak.

“Di masa pandemi ini, semua elemen masyarakat harus saling bahu membahu agar pandemi Covid-19 dapat segera sirna,” tutur Bupati Huda.

Komandan Kodim 0811/Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon berpesan agar personil TNI Kodim 0811/Tuban semakin solid serta mampu bersinergi dengan Pemkab Tuban, Polri, instansi kedinasan lain, maupun masyarakat untuk mendukung pembangunan Kabupaten Tuban. Personil Kodim 0811/Tuban diharapkan terus meningkatkan profesionalitas kerja.  “Sehingga semakin dicintai masyarakat Kabupaten Tuban,” harapnya.

Diketahui, kegiatan juga dirangkai dengan bakti sosial. Yakni pemberian paket sembako kepada kaum dhuafa. Secara simbolis Dandim, Bupati dan Kapolres , Kajari, Wakil Bupati Tuban menyerahkan bantuan. Sebelumnya dalam menyambut peringatan HUT TNI Ke-75, Kodim 0811 Tuban juga telah melaksanakan kegiatan seperti bakti sosial. Yakni penyerahan paket sembako, donor darah, penyemprotan desinfektan dilingkungan masyarakat, serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan. NAL/RLS

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Videos