oleh

Kemeriahan HUT RI Pemkab Tuban Dibiayai Masyarakat ?

seputartuban.com, TUBAN – Kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilakukan Pemkab Tuban di danai dari masyarakat. Melalui panitia kabupaten, melalui Ketua Panitia Pelaksana yang juga Sekretaris Daerah membuat surat permintaan bantuan dana ke para pihak. Salah satunya yang diketahui seputartuban.com adalah kepada para pengelola wisata di Kabupaten Tuban.

Melalui surat nomor 003.1/44/P.HUT/VIII/2022, tertanggal 3 agustus 2022, perihal Permintaan Bantuan Dana Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2022. Bantuan dana diterima melalui rekening bank atas nama panitia.

Sesuai publikasi dalam laman resmi Pemkab Tuban, terdapat 12 kegiatan dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Diantaranya karnaval sepeda hias, Tuban Specta Night Carnival, Jalan Merdeka, Tuban Forest ADV.

Termasuk kegiatan Festival 100 % Tuban juga bagian dari kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Yang dalam publikasinya selain pameran UMKM Tuban juga Ovop Kecamatan, serta festival band pelajar tersebut juga mencantumkan logo Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-75. Sementara penelusuran seputartuban.com, koperasi dalam rangka Harkopnas, juga menyetor dana Rp. 150.000.

Ketua Pokdarwis Siaga, Yulianto Prasetyo yang mengelola wisata berbasis masyarakat river tubing dan desa wisata berbasis sedekah ini mengaku tidak dapat menyetorkan dana bantuan. Pasalnya sejak pandemi aktivitas wisatanya dihentikan hingga hari ini. Dia dan timnya masih menghitung untuk memulai Kembali aktivitas wisatanya.

“Selama pandemi tutup karena merugi, padahal semuanya berbasis swadaya pengurus. Jadi ndak ada yang kita pakai bantu dana. Selain itu, sejak pandemi sampai sekarang kami juga hanya mendapat bantuan paket sembako saja. Sehingga soal wisata masih sangat butuh perhatian agar kita tidak berjuang sendiri,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban, Arif Handoyo menjelaskan, perayaan HUT Kemerdekaan RI ini dilakukan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Setelah kurang lebih 2 tahun pandemi Covid-19 banyak kegiatan-kegiatan masyarakat yang terhenti. PHBN dan Hari Jadi yang diselenggarakan pemkab Tuban untuk bangkit dan pulih menyelenggarakan kegiatan olahraga, kepemudaan, sosial dan budaya, kesenian dan hiburan masyarakat serta pemberdayaan ekonomi dan kreatif agar cepat tumbuh dan pulih Kembali,” jelasnya.

Disoal pengumpulan dana dari masyarakat, Arif Handoyo menegaskan karena tidak dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Hal itulah membutuhkan pendanaan yang bersumber  dari berbagai pihak secara sukarela unt membantu terlaksananya  event-event dimaksud yang tidak dianggarkan pada APBD 2022,” pungkasnya. NAL

Print Friendly, PDF & Email