oleh

Dari Rumdin Wabup Tuban, Pemangku Makam Wali Se-indonesia Ziarah Sunan Bonang

seputartuban.com, TUBAN – Para pemangku makam waliyullah Se-Indonesia, Kamis (25/08/2022) pagi berkumpul di Rumah Dinas (Rumdin) Wakil Bupati (Wabup) Tuban, H. Riyadi, S.H. Untuk bersama-sama berangkat ke makam Sunan Bonang, Raden Maulana Makdum Ibrahim. Untuk melakukan ziarah, bersamaan dengan Haul ke-513.

Sudah menjadi tradisi setiap Haul, para pemangku makam Waliyullah Se-Indonesia berkumpul untuk melakukan ziarah bersama. Kali ini berbeda, karena mereka memilih Rumdin Wabup Tuban dijadikan lokasi berkumpul. Kemudian berangkat bersama-sama menuju makam Sunan Bonang.

Sebelum berangkat ziarah dan mengikuti Tahlil Akbar,  seluruh pemangku makam singgah terlebih dahulu di Rumdin Wabup Tuban sejak  pukul 07.30 WIB. Kedatangan mereka disambut hangat secara langsung oleh Kang Riyadi, sapaan akrab H. Riyadi.

Kemudian sekitar pukul 08.30 WIB bersama-sama menuju makam Sunan Bonang. Dengan iringan musik rebana selama perjalanan menuju makam.

Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi mengungkapkan bahwa Rumdinnya dipakai tempat berkumpul para pemangku makam merupakan sebuah kehormatan luar biasa. Karena para tokoh yang merawat makam Waliyullah  mempercayainya sebagai tuan rumah dalam pemberangkatan kirab dan ziarah bersama.

“Tentunya saya merasa bangga dan juga merupakan kehormatan yang luar biasa. Karena Rumdin saya dipakai tempat pemberangkatan kirab pemangku makam se-Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, Kang Riyadi menegaskan apa yang dilakukannya semata-mata bentuk dukungan pribadi maupun jabatannya terhadap ulama maupun para pemangku makam waliyullah. Dia berharap hal kecil yang dilakukannya ini dapat menjadi motivasi positif bagi semua pihak.

“Apalagi acara kirab dan ziarah ini juga melibatkan para pemangku makam-makam waliyullah se-Indonesia. Ini menjadi penting untuk kita dukung bersama. Karena banyak aspek akan bermanfaat,” tuturnya. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email