oleh

Kekurangan PNS, Pelayanan Pemkab Terancam Terganggu

TUBAN

seputartuban.com – Setiap tahun rata-rata 350 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Tuban pensiun. Namun banyaknya jumlah pegawai yang purna tersebut tidak diimbangi dengan jumlah perekrutan PNS baru. Sehingga dalam beberapa waktu mendatang bisa saja Tuban semakin kekurangan PNS.

ilustrasi/bekasikota.go.id
ilustrasi/bekasikota.go.id

Menurut data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tuban, jumlah PNS pensiun di Pemkab Tuban sekitar 400 PNS. Sebagian besar berasal dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dari kalangan guru. Dibandingkan dengan penerimaan jumlah PNS baru 2013 sebanyak 40 orang. Kondisi ini dikhawatirkan dapat berdampak menurunya pelayanan masyarakat, karena jumlah PNS terus berkurang.

Kepala BKD Pemkab Tuban, M. Nur Hasan, saat dikonfirmasi, Senin (06/01/2013) mengatakan pihaknya tiap tahun selalu berupaya mengajukan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Terkait jumlah PNS yang dibutuhkan Pemkab Tuban.  “Kita setiap tahunnya selalu mengajukan ke Kementerian Dalam Negeri, namun kuota untuk CPNS selalu sedikit. Mau gimana lagi,” ungkapnya.

Sedangkan untuk mengurangi dampak penurunan pelayanan masyarakat karena berkurangnya jumlah PNS. BKD memaksimalkan kinerja  PNS yang sudah ada. “Kita fungsikan pegawai yang ada, dan kita berharap agar Kemendagri membuka pendaftaran CPNS dengan kebutuhan yang ada. Sehingga pelaksanaan pelayanan masyarakat tidak terganggu,” jelasnya. (lis)

Terbaru