oleh

Jembatan Pantura Jebol, Dishub Jatim Gelar Razia

WIDANG

seputartuban.com – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Lalu lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan dan LLAJ Pemprov Jatim, di Kabupaten Lamongan melakukan razia kendaraan muatan barang dan penumpang. Di depan jembatan timbang Desa Minohorejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Rabu (13/11/2013), siang.

Razia ini dilakukan pasca ambrolnya jembatan Boncong, Desa Boncong, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban pada Selasa (12/11/2013) lalu. Selain itu, juga sebagai kegiatan rutin bulanan. Untuk melakukan pengawasan kendaraan muatan barang yang melebihi kapasitas kelas jalan. Setiap bulan terdapat sekitar 100 sampai 120 pelanggaran jenis tonase dan uji materi kendaraan.

Dalam pemeriksaan ini, pengemudi dicek kelengkapan surat-surat kendaraan. Mulai Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), buku uji kelayakan ijin kendaraan, sampai surat jalan barang. Hasilnya Banyak kendaraan rodanya sudah tidak layak pakai. Sedangkan untuk kendaraan muatan penumpang banyak yang tidak memiliki ijin trayek.

Kepala Seksi (Kasi) UPT LLAJ Dishub Jatim di Kabupaten Lamongan, Kusmanto saat dikonfirmasi mengatakan bahwa razia merupakan bentuk pengawasan rutin. Kasi pengawasan yang membawahi wilayah Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Bojonegoro itu juga menegaskan pihaknya tidak mau dipersalahkan. Karena kerusakan jembatan di Kecamatan Bancar tersebut tidak sepenuhnya akibat dari kelebihan muatan. Namun juga karena struktur tanah labil dan kontruksi jembatan.

“Untuk tonase sekitar 100 per-bulannya. Memang kapasitas jembatan bukan kewenangan kami. Bukan tonase, bayak faktor itu. Ada faktor air dan kwalitas bahan bangunannya. Kita razia agar ada penertiban,” ungkapnya. (han)

Terbaru