oleh

Jadi Langganan Macet Saat Karnaval HUT RI

MONTONG

seputartuban.com – Meriahnya perayaan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI disambut gembira masyarakat. Namun menjadi merugikan masyarakat, jika tidak dikelola dengan baik. Salah satunya dampak kemacetan parah saat perhelatan berlangsung.

Karnaval macet
PARAH : Kemacetan parah terjadi saat Karnaval berlangsung

Sabtu (14/09/2013) Kecamatan Montong menggelar 2 kali karnaval. Pagi hari diperuntukkan bagis siswa usia dini atau Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudlatul Athfal (RA). Sedangkan siang harinya karnaval bagi siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan umum. Karena lokasi pemberangkatan berada disisi jalan utama kecamatan, hal ini mengakibatkan kemacetan parah.

Banyaknya peserta dan warga yang melihat acara ini ditambah pengguna jalan membuat jalur penghubung Kota Kabupaten dengan sejumlah kecamatan di barat dan selatan Tuban ini macet. Bahkan macet total selama berjam-jam saat pemberangkatan karnaval siang hari. “Saya sudah 2 jam lebih ini ndak bisa jalan mas,” kata Andi (27), pengemudi mobil yang terjebak macet.

Kemacetan parah juga terjadi hingga malam hari. Saat mobil peserta karaval dan warga yang akan pulang ditambah pengguna jalan dari jalur Kerek dan Tuban bertemui dikawasan sekitar lapangan Kecamatan Montong.  Serta terbatasnya petugas pengatur lalu lintas membuat jalanan macet total. Kondisi ini juga membuat suasana karnaval menjadi kacau. Karena kemacetan yang mengular dari timur Mapolsek Montong sampai barat lapangan Montong.

Peserta terhalang kendaraan yang terjebak macet, sehingga tidak dapat melanjutkan perjalananya sampai ke lokasi finish. Sehingga beberapa diantaranya memilih membubarkan diri ditengah perjalanan. “Sama guru disuruh bubar disini, karena kalau mau sampai lapangan tidak bisa,” ungkap Arip (15), salah satu peserta karnaval. min

Terbaru