oleh

Inilah Cara Memaknai Lahirnya Pancasila Menurut Ketua DPRD Tuban

seputartuban.com, TUBAN – 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila oleh pemerintah RI. Sebuah konsesus bersama dalam berbangsa dan bernegara. Peringatan ini diharapkan tidak jadi hari libur nasional atau ceremonial saja, melainkan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi menegaskan dalam peringatan lahirnya Pancasila. Agar dijadikan pedoman dasar dalam berbangsa dan bernegara. “Pancasila adalah soko guru dan sumber dari segala sumber hukum bagi bangsa Indonesia. Untuk itu sebagai warga negara Indonesia harus mampu dan mau mengamalkan kehidupan sehari-hari dari produk pancasila tersebut,” katanya.

Pancasila selain sumber dari segala sumber hukum negara,  juga sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari ditengah keberagaman berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai alat pemersatu bukan jargon saja, namun juga dipraktekkan dalam keseharian.

“Dimana hari lahir Pancasila adalah merupakan inspirasi dasar negara, sebagai dasar negara. Sudah barang tentu pola kehidupan kita sehari- hari bersumber pada nilai-nilai Pancasila,” imbuhnya.

Dewasa ini, Pancasila dihadapkan kelompok yang anti Pancasila. Disinyalir paham yang ingin mengganti Pancasila dengan dasar hukum lainnya. Hal ini selain menjadi ancaman nyata Negara juga ancaman kebhinekaan Indonesai. Sebagai masyarakat, Miyadi meminta agar tidak diam saja. Namun juga melakukan upaya pembelaan terhadap Pancasila sesuai kemampuan dan perannya masing-masing. “Harus berani berperan sebagai pembela negara dan membela negara itu hukumnya wajib,” tegasnya. NAL

Terbaru