oleh

19 Ribu UMKM Tuban Diusulkan Terima BPUM

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah RI, melalui Kementrian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Bantuan ini juga biasa disebut Bantuan Langsung Tunai (BLT) UKM. Dengan nominal Rp. 1,2 juta.

Berbeda dari sebelumnya, tahap ini pendaftaran dilakukan melalui dinas koperasi di wilayah kabupaten/kota masing-masing. Di Kabupaten Tuban, masyarakat mengusulkan untuk menerima bantuan ini melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag).

Dalam tahap I, Diskoperindag sudah mengusulakan 19,592 UMKM. Usulan ini dari 20 kecamatan se Kabupaten Tuban. Dengan usulan terbanyak dari wilayah Kecamatan Tuban sebanyak 1,791 UKM. Sedangkan terbanyak kedua dari wilayah Kecamatan Kerek sebanyak 1,625 UKM. Sementara paling sedikit dari Kecamatan Kenduruan sebanyak 441 UKM.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban, Agus Wijaya menjelaskan pihaknya hanya menerima pengusulan awal dari masyarakat untuk diteruskan ke pemerintah pusat. Soal kewenangan diterima atau tidak sepenuhnya pemerintah pusat. “Kami hanya mengusulkan saja, sepenuhnya kewenangan pusat mana saja yang akan diberi,” ungkapnya, Selasa (01/06/2021).

Saat ini jajaranya tengah mengumpulkan usulan BPUM tahap II. Masyarakat masih dapat mengusulkan dengan menyertakan sejumlah syarat. “Silahkan masyarakat masih dapat mengusulkan dalam tahap II,” imbuhnya. Diketahui, syarat pengusulan BPUM melalui Diskoperindag Kab. Tuban diantaranya foto copy KTP, foto usaha, surat keterangan usaha, tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). NAL

Terbaru