oleh

Inilah Cara memaknai Hari Kesaktian Pancasila Menutur Ketua DPRD Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Hari kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober, merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengingat perjalanan sejarah dalam mempertahankan ideologi negara. Oleh karena itu perjuangan panjang tersebut perlu diingat oleh setiap generasi. Agar bisa dijadikan cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Cara memaknai hari Kesaktian Pancasila menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, M. Miyadi, Jumat (1/10/2021) mengatakan Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Maka sudah menjadi kewajiban bersama dalam menjaga NKRI dari Pancasila sebagai sumber segala hukum.

“Menjaga NKRI dari rongrongan dan jangan sampai lengah, baik dari dalam maupun luar negeri,” harapnya.

Selain itu, mengingat perjuangan para pahlawan sebagai usaha untuk membentengi peranan Pancasila sebagai dasar Negara serta juga sebagai ideologi bangsa. Serta  meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur.

“Membudayakan dalam hidup  sehari-hari dengan menggunakan falsafah Pancasila. Karena hal itu sebagai bentuk kita dalam menghormati jasa -jasa pahlawan kita,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru