oleh

Ini Dana Desa 2021 Tuban Dan Penggunaannya

seputartuban.com, TUBAN – Dana Desa (DD) Tahun 2021 sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Kabupaten Tuban dari 311 Desa mendapatkan jatah Rp. 263.955.832.000. Sejumlah hal disyaratkan dalam penggunaan dana ini. Sejumlah peraturan perundangan dikeluarkan pemerintah pusat untuk mengaturnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa (Dispemas) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Tuban, Nur Janah penggunaan DD 2021 diutamakan untuk sejumlah hal. Yakni pemulihan ekonomi melalui jaring pengaman sosial atau bantuan langsung tunai (BLT), PKT. Maupun sector usaha pertanian, pemberdayaan usaha mikro serta pengembangan potensi desa melalui BUMDesa.

Yang dimaksud sektor prioritas atau utama tersebut berupa pengembangan desa digital, desa wisata, usaha budi daya pertanian, peternakan, perikanan. Juga sektor ketahanan pangan dan hewani serta perbaikan fasilitas kesehatan. Sedangkan BLT desa menjadi prioritas utama dalam penggunaan DD. Untuk penanggulangan dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Saat ditanya rincian penyaluran DD, Nur Janah belum dapat memberikan, karena masih dalam proses administrasi pemerintahan penerbitan peraturan bupati. “Dalam proses, masih di bagian hukum,” katanya.

Disoal jika ada desa yang tidak menyalurkan BLT Desa sesuai ketentuan, mantan Kepala Dinsos P3A Kab. Tuban itu menegaskan ada sanksi. “Dalam hal Pemdes tidak menganggarkan BLT Desa, penyaluran DD tahap II tahun 2021 dilakukan pemotongan sebesar 50%,” katanya.

Desa yang boleh tidak menganggarkan BLT Desa dan tidak dipotong 50% jika tidak ada calon keluarga penerima manfaat sesuai hasil musyarawarah desa khusus atau musyawarah insidentil. Tidak ada calon penerima sesuai ketentuan perundangan. Atau tidak tersedianya cukup anggaran per-bulan untuk disalurkan. “Kemudian hasul musyawarah tersebut dituangkan dalam peraturan Kepala Desa,” ungkapnya.

Nur Janag melanjutkan, untuk penggunaan Dana Desa tahun 2021 tetap berpedoman pada peraturan menteri Desa PDTT tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. Serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222 tahun 2020 tentang pengelolaan Dana Desa.

Sementara itu, seputartuban.com belum mendapatkan data berapa jumlah BLT Desa dari DD yang telah disalurkan pada tahun 2020 dari seluruh desa di Tuban. Serta apakah sudah seluruhnya desa pada tahun 2020 menyalurkan BLT Desa sesuai tahapan dan ketentuanya. NAL

Terbaru