Published On: Jum, Nov 22nd, 2019

Dibuka Anggota DPR RI, 341 Atlet PSHT Tuban Bertanding Dalam Ce The Es Cup I 2019

seputartuban.com, SINGGAHAN – Sebanyak 341 atlet pencak silat, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Tuban, Pusat Madiun, mengikuti pertandingan Ce The Es Cup I tahun 2019. Mulai Kamis (21/11/2019) malam bersamaan dengan pembukaan acara hingga Minggu (24/11/2019) di SMKN Singgahan. Dalam acara pembukaan hadir para sesepuh PSHT serta Anggota DPR / MPR RI sekaligus membuka acara.

SEMANGAT PENDEKAR : Didik Mukrianto saat menyampaikan sambutan membuka acara

Mereka terbagi dalam 18 kontingen. Dari ranting dan komisariat, ada 2 ranting yang absen mengirimkan atletnya. 341 pesilat akan bertanding dalam kelas usia dini, remaja, dewasa. Serta di gelanggang kelas A – I berdasarkan proporsional berat badan ukuran timbangan atlet.

Ketua PSHT Cabang Tuban, Lamidi dalam sambutan pembukaanya menjelaskan kegiatan ini awal latihan bagi siswa-siswa PSHT untuk menjadi atlet pencak silat dalam mengaktualisasikan pengembangan budaya silat di Indonesia. “Semoga kejuaraan ini akan menghasilkan bibit-bibit atlet pencak silat berbakat. Karena kami minta para wasit dan juri malam ini tetap menjunjung tinggi sportifitas,” harapnya.

Membuka Acara Bersama

Anggota DPR / MPR RI yang sekaligus pelindung Ce The Es, Didik Mukrianto mengatakan ajaran Setia Hati mendidik para siswanya agar selalu bersikap positif. Di PSHT tidak hanya didik pencak silat saja, namun juga budi pekerti serta nasionalisme. “Ce The Es Cup ini merupakan implementasi ajaraan PSHT ditingkat pertama (dasar) yaitu Seni bela diri, Olahraga dan pembelaan diri,” katanya.

Para atlet diharapkan dapat menjalankan ajaran perguruan meski bertanding atau berkompetisi. Dengan demikian dapat terus meraih prestasi hingga tingkat nasional. “Seorang atlet belum tentu mempunyai mental patriot. Akan tetapi, patriot dimulai dengan menjunjung tinggi, jiwa sportifitas di sebuah pertandingan,” pungkasnya.

Pertunjukan Drama dan Pencak Silat saat acara pembukaan

Usai sambutan, Anggota DPR / MPR RI yang juga Ketua Umum Karangtaruna pusat itu membuka acara dengan memecahkan kendi. Disertai Ketua PSHT Cabang Tuban, para sesepuh perguruan dan undangan. Hadir pula Forkopimka Kecamatan Singgahan, para Ketua dan pengurus ranting dan perwakilan lintas organisasi silat.

Dalam acara pembukaan itu juga ditampilkan seni drama yang dipadukan dengan seni pencak silat. Dengan mengambil tema ceri rakyat Tuban Sri Hunting. Sebuah cerita romansa sekaligus heroik yang penuh makna. Sehingga pertunjukan seni silat tersebut tidak menjadi biasa. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Videos