oleh

Dampak Pandemi Covid -19, Tuban Kehilangan Pendapatan Daerah Sektor Wisata Hampir Rp. 1 Miliar

seputartuban.com, TUBAN – Dampak dari pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Tuban, kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata yang mecapai Rp. 1 miliar.
Hal itu disampaikan oleh wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, usai rapat paripurna pembahasan 8 Raperda di ruang rapat paripurna DPRD Tuban, Selasa (2/6/2020).

Wabup Tuban, Noor Mahar Hussein

Wabub menjelaskan, penutupan wisata yang dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 itu dilakukan mulai bulan Maret. Sehingga, PAD dari sektor pariwisata serta pengelola objek wisata di Kabupaten Tuban tidak mendapatkan pendapatan. “Terhitung hampir 3 bulan mulai Maret-Mei ini, kerugian PAD dari sektor wisata yang dikelola Pemkab sekitar Rp 987 juta atau hampir Rp. 1 miliar,” ungkapnya.

Wabub menegaskan, pembukaan tempat wisata akan dilakukan jika pemerintah sudah menerapkan new normal. Selain itu, dia meminta dinas pariwisata untuk mendata kapasitas dari masing-masing objek wisata dan menerapkan protokol kesehatan. “Semisal kalau kapasitas tempat wisata itu mencapai 500 orang, maka dikurangi 250 agar bisa menerapkan Physical Distancing,” jelasnya.

Sementara itu, akibat penutupan wisata, belum semua yang terdampak belum mendapat bantuan dari pemerintah. Baik berupa barang maupun lainnya. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru