Published On: Rab, Jun 3rd, 2020

1.300 CJH Tuban Gagal Berangkat

seputartuban.com, TUBAN – Ribuan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban yang awalnya telah dijadwalkan berangkat tahun ini, 1441 H, harus menerima kenyataan, bahwa niatnya berhaji harus tertunda. Menyusul keputusan Menteri Agama RI memutuskan pembatalan pemberangkatan haji tahun ini. Karena masih masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Umi Kulsum

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Umi Kulsum memastikan keputusan tersebut berlaku. “Untuk Haji tahun ini ditunda, dan seluruh CJH akan diberangkatkan tahun depan,” kata Umi Kulsum saat dikonfirmasi seputartuban.com, Selasa (2/6/2020).

Direncanakan sebanyak 1.300 CJH asal Kabupaten Tuban, sebumnya telah dijadwaljan akan diberangkatkan 25 Juni 2020, mereka tergabung dalam kloter 1, 2, dan kloter 3. “Tahun ini ada 1. 300 CJH asal Tuban yang gagal berangkat. Mereka semua sudah melakukan pelunasan,” jelasnya.

Meski pemberangkatan CJH ditunda, para jemaah nantinya tidak akan dibebani biaya lagi. Karena mereka sudah melakukan pelunasan. Namun, biaya haji nantinya akan disesuaikan dengan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2021. “Biaya haji akan disesuaikan dengan BPIH tahun depan. Kalau tahun depan turun, ya sisanya dikembalikan ke jemaah,” imbuhnya.

Lebih lanjut Umi menegaskan akan segera mengirimkan surat resmi kepada CJH yang tahun yang tidak jadi berangkat. Dia berharap seluruh CJH dapat menerima keputusan ini dengan ikhlas. Sebab yang sudah menjadi keputusan ini adalah sudah melalui pertimbangan dari berbagai aspek.

“Tetap jaga kesehatan untuk keberangkatan tahun depan semoga badai Covid segera berlalu sehingga bisa menunaikan ibadah haji dengan aman dan nyaman,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos