Published On: Ming, Jan 20th, 2013

Cuaca Ekstrim, DPK Usulkan Bantuan 86 Ton Beras Nelayan

Share This
Tags

Nalayan di Tuban saat tidak melaut

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Nelayan Tuban nampaknya direncanakan akan memperoleh bantuan dari Pemkab Tuban. Bantuan akan diusulkan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan. Dengan  mengucurkan 86.566 Kg beras atau sekitar 86 ton beras. Dengan penerima sekitar 12.023 Kepala keluarga (KK) atau 36.069 jiwa, Dan setiap nelayan akan menerima 7 Kg beras.

Direncanakan bantuan ini akan diberikan kepada nelayan yang tersebar di 5 kecamatan. Yakni nelayan Kecamatan Bancar sebanyak 4. 803 KK. Kecamatan Tambakboyo 2.023 KK, Kecamatan Jenu 1.235 KK, Kecamatan Tuban 1.218 KK, dan Kecamatan Palang 2.744 KK.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemkab Tuban, Sunarto saat dikonfirmasi Sabtu,  (19/1/2013), mengatakan bahwa, pihaknya sudah mendata bebebrapa nelayan yang tidak melaut karena cuaca ekstrim.

Berdasarkn Intruksi Presiden (Inpres) No. 5 tahun 2011. Yaitu tentang pengamanan produksi beras nasional dalam menghadapi cuaca ekstrim. Intruksi yang diperuntukkan bagi 11 kementerian terkait tersebut, salah satunya Badan Metereologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sehingga pihaknya akan mengajukan bantuan beserta jumlah nelayan penerima kepada Bupati Tuban agar diberikan bantuan.

Terkait pelaksanaan penyaluran bantuan akan dilaksanakan dinas terkait. ” Kami akan mengajukan langsung pada Bupati. Jumlahnya hampir sama dengan tahun lalu. Agak ada sedikit pengurangan di Kabupaten Bancar. Ini karena adanya cadangan beras sedikit berkurang, ” ungkapnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, nelayan tak bisa melaut. Karena ombak sudah mencapai 3 hingga 5 meter. Para nelayan banyak yang khawatir akan keselamatan jiwanya, sehingga terpaksa tidak dapat melaut dan ekonominya menjadi terganggu.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos