oleh

Covid-19 Meningkat, Penerapan Prokes di Tuban Longgar ?

seputartuban.com, TUBAN – Kabupaten Tuban kejadian Covid-19 mulai meningkat. Namun kondisi di lapangan pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) terkesan longgar. Bahkan pemerintahan desa sebagian besar terkesan tidak mengaktifkan perangkat Gugus Tugas Covid-19 tingkat desa hingga relawan. Bahkan operasional wisata juga terkesan asal-asalan menerapkan Prokes.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo menegaskan semua pihak harus tetap menegakkan Prokes. Karena beberapa waktu terakhir terjadi peningkatan kasus Covid-19 di semua wilayah. “Semuanya saja harus meningkatkan disiplin prokes karena masing-masing ini terjadi peningkatan confirmasi (Covid-19) semua wilayah kabupaten/provinsi,” jelasnya.

Disoal longgarnya penerapan Prokes di kawasan wisata di Tuban, Bambang menegaskan lebih baik diurungkn operasionalnya. Hasil pantauan dilapangan wisata hanya menyediakan himbauan berupa banner. Namun tidak memeriksa suhu wisatawan maupun penerapan jaga jarak di dalam lokasi wisata. Bahkan petugas wisata juga tidak bermasker. “Wisata lebih baik ditunda. Wajib 5M dan 3 T,” katanya.

Soal tidak jalannya Gugus Tugas Covid tingkat desa, Bambang memastikan sudah melakukan monitoring secara berkala. “Sudah dilakukan monev (monitoring dan evaluasi) PPKM Mikro tim gugus kab ke desa-desa bertahap,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (PMD dan KB), Nurjanah saat ditanya kendornya Gugus Tugas Covid-19 desa, ia enggan berkomentar banyak. “Itu ranahnya gugus tugas kabupaten. Yang pasti dipemas selalu serukan disetiap kegiatan agar tetep patuhi Prokes 5 M,” tuturnya.

Kemudian ditanya berapa desa yang tetap mencairkan dana bantuan langsung tunai Covid-19 tahun 2021 ini ia tidak dapat menjawab. Karena bidang yang mengurusi hal ini sedang lockdown karena salah satu stafnya terpapar Covid-19.

Sedangkan data si website Pemkab Tuban, tubankab.go.id data update terakhir 14 Juni lalu. “Tanggal Terakkhir Publish Data 14 June 2021, Jam 18:00 WIB Di Kabupaten Tuban. Total Persebaran: Suspect : 0, Confirm Sembuh : 3365, Confirm Meninggal : 426, Confirm Dirawat : 76, Total Confirm : 3867” begitu tertulisnya pada website resmi Pemerintah Kabupaten Tuban. NAL

Terbaru