oleh

Cara Kades Siding Bangkitkan Kreativitas dan Kekompakan Warga Sekaligus Nasionalisme

seputartuban.com, BANCAR – Pemerintah desa (Pemdes) Siding, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban memiliki cara sendiri dalam membina masyarakatnya. Agar memiliki kreativitas, peduli lingkungan, kekompakan sesame warga sekaligus nasionalisme. Melalui peringatan HUT Kemerdekaan Ri ke-77 lalu, dibuatlan lomba menghias lingkungannya masing-masing tiap rukun tetangga (RT).

Melalui kegiatan lomba kebersihan dan keindahan lingkungan RT, masyarakat bahu-membahu mempercantik lingkungannya masing-masing. Sekali kegiatan ini akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat maupun desa dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kepala Desa (Kades) Siding, Ahmas Zenny menjelaskan penilaian dilakukan pada 31 Agustus 2022 sebagai penutup HUT Kemerdekaan RI. Dia menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan nyaman. Serta menghidupkan kembali kegiatan gotong royong. “Terima kasih semangat masyarakat yang luar biasa dari RT 1 sampai 14. Ini menunjukkan warga Siding memang luar biasa,” ungkapnya.

Tim penilai juga melibatkan camat beserta istri dan tim desa. Dengan penilaian meliputi kebersihan, keindahan dan kreativitas. Keluar sebagai juara 1 adalah RT 09, juara 2 RT 01 dan juara 3 RT 12. “Menjadi juara karena lingkunganya bersih, bebas dari sampah, drainase dan pengjijauanya juga bagus,” ungkap kades.

Kades Siding
Foto Kolase : Kades Siding beserta istri dan suasana masyarakat menghias lingkungannya

Kades yang memiliki pendapatan desanya Rp. 1,26 miliar ini berharap manfaat kegiatan dapat terus dirasakan oleh masyarakat. Yakni budaya peduli, gotong royong, kreatif, inovatif dan pantang menyerah selalu dimiliki masyarakatnya.

“Semoga manfaatnya terus dirasakan dan dijalani warga. Sehingga Desa Siding akan terus maju, berkembang dan berdaya saing. Karena membangun desa tidak hanya kades dan perangkatnya tetapi seluruh warga harus partisipasi,” pungkasnya. NAL

Print Friendly, PDF & Email