Caleg Perlu Tahu, Ini Rencana Pembagian Dapil Pemilu Tuban 2024

seputartuban.com, TUBAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Tuban, sudah mengumumkan rencana pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Tuban Tahun 2024. Melalui pengumuman nomor 326/PL.01-Pu/3523/2022. Tentang rencana penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Tuban dalam pemilihan umum tahun 2024.

Terdapat 3 rancangan yang dapat diberikan tanggapan masyarakat Tuban melalui saluran yang telah diberikan KPU Kab. Tuban. Baik datang langsung ke kantor maupun melalui laman helpdesk.kpu.go.id/tanggapan.

Rancangan 1, terdiri dari 5 Dapil. Dengan rincian, Dapil 1 dengan alokasi 11 kursi. Terdiri dari Kec. Kerek, Kec. Montong, Kec. Merakurak, Kec. Tuban. Sedangkan Dapil 2 dengan alokasi 9 kursi. Terdiri dari Kec. Plumpang, Kec. Palang, Kec. Widang. Dapil 3 dengan alokasi 12 kursi. Terdiri dari Kec. Soko, Kec. Rengel, Kec. Semanding, Kec. Grabagan. Sedangkan Dapil 4 dengan alokasi 9 kursi. Terdiri dari Kec. Kenduruan, Kec. Bangilan, Kec. Senori, Kec. Singgahan, Kec. Parengan. Dapil 5 dengan alokasi 9 suara. Terdiri dari Kec. Jatirogo, Kec. Bancar, Kec. Tambakboyo, Kec. Jenu.

Rancangan 2, terdiri dari 5 Dapil. Dengan rincian, Dapil 1 dengan alokasi 11 kursi. Terdiri dari Kec. Kerek, Kec. Montong, Kec. Merakurak, Kec. Tuban. Sedangkan Dapil 2 dengan alokasi 10 kursi. Terdiri dari Kec. Semanding, Kec. Palang, Kec. Widang. Dapil 3 dengan alokasi 11 kursi. Terdiri dari Kec. Soko, Kec. Rengel, Kec. Plumpang, Kec. Grabagan. Sedangkan Dapil 4 dengan alokasi 9 kursi. Terdiri dari Kec. Kenduruan, Kec. Bangilan, Kec. Senori, Kec. Singgahan, Kec. Parengan. Dapil 5 dengan alokasi 9 suara. Terdiri dari Kec. Jatirogo, Kec. Bancar, Kec. Tambakboyo, Kec. Jenu.

Rancangan 3, berbeda dengan kedua rancangan sebelumnya, karena terdiri dari 6 Dapil. Dengan rincian, Dapil 1 dengan alokasi 8 kursi. Terdiri dari Kec. Jenu, Kec. Merakurak, Kec. Tuban. Sedangkan Dapil 2 dengan alokasi 9 kursi. Terdiri dari Kec. Plumpang, Kec. Palang, Kec. Widang. Dapil 3 dengan alokasi 9 kursi. Terdiri dari Kec. Rengel, Kec. Semanding, Kec. Grabagan. Sedangkan Dapil 4 dengan alokasi 8 kursi. Terdiri dari Kec. Parengan, Kec. Montong, Kec. Soko. Dapil 5 dengan alokasi 9 kursi. Terdiri dari Kec. Kenduruan, Kec. Jatirogo, Kec. Bangilan, Kec. Senori, Kec. Singgahan. Dapil 6 dengan alokasi 7 kursi. Terdiri dari Kec. Bancar, Kec. Tambakboyo, Kec. Kerek.

Ketua KPU Kab. Tuban, Fatkul Iksan menjelaskan setelah melalui tahapan, Dapil ini akan ditetapkan salah satu rancangan yang sudah diumumkan. Paling lambat pada 9 Pebruari 2023. “Tahapannya sekarang pengumuman rancangan dapil dan tanggapan masyarkat. Setelah itu uji publik, baru nanti 3 rancangan itu disampaikan ke KPU RI untuk ditetapkan setelah dikordinasikan dgn DPR RI,” jelasnya. Nal

Print Friendly, PDF & Email