oleh

Bupati Tuban Resmikan Gedung Multi Manfaat Fatayat NU

seputartuban.com, TUBAN – Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tuban, kini telah memiliki Gedung Graha Sakinah Tuban (GST). Diresmikan oleh Bupati Fathul Huda, Senin (14/6/2021).

Dengan adanya gedung ini, diharapkan Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Tuban beserta jajaranya akan lebih totalitas menjalan visi dan misinya. Yakni mewujudkan ketahanan keluarga sakinah mawaddah warohmah. Serta menekan perceraian dan mengurangi pernikahan dini di Kabupaten Tuban.

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tuban, Umi kulsum, dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan yang diberikan dari Ketua PC NU, KH Mustain Syukur. Karena telah memberikan izin pendirian gedung GST di tanah wakaf di Kecamatan Tuban.

“Pembangunan gedung ini hasil swadaya iuran dari anggota dan kader Fatayat yang terkumpul 270 juta. Serta dukungan bantuan dari Bupati Tuban Fathul Huda senilai Rp. 25 juta,” ungkapnya.

Perempuan yang akrab disapa Umi itu menjelaskan, bahwa dibangunya Graha Sakinah itu karena melihat kenyataan dan data di Pengadilan Agama Tuban, bahwa perceraian dan pernikahan usia dini masih tinggi. Salah satu penyebab perceraian diantaranya adalah karena banyaknya pernikahan usia dini ini.

Sehingga  Fatayat sebagai salah satu organisasi sosial keagamaan, yang beranggotakan  ibu-ibu muda yang juga rawan terjadinya perceraian berinisiatif mendirikan GST. Yang akan menjalankan program pelayanan konseling keluarga, kelas pra nikah dan sekolah Ibu (sakinah) .

“Hal ini juga sesuai dengan Surat Edaran Gubenur Jatim nomor : 474.14/ 810/109.5/2021 tentang Pencegahan Perkawinan Anak,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda berharap dengan  didirikannya Graha Sakinah Fatayat Tuban itu, agar bisa mengurangi permasalahan rumah tangga yang terjadi diantara masyarakat untuk menekan angka perceraian. “Dengan hadirnya Kantor Graha Sakinah Fatayat Tuban, warga Tuban bisa memperoleh pelajaran untuk pembekalan pra nikah agar kedepannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meski begitu yang sudah menikah juga bisa berkonsultasi disini,” harapnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru