Biaya Daftar Haji Tahun 2023 Masih Sama Tahun Sebelumnya

Bayar Rp 25 Juta  Dapat Jatah Kursi Calon Jamaah Haji

seputartuban.com, TUBAN – Meski ada usulan kenaikan biaya ibadah haji, namun batas minimal biaya pendaftaran awal calon jamaah haji di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban masih tidak ada perubahan. Pada tahun 2023, batas minimal pembayaran pendaftaran calon jamaah haji masih seperti tahun sebelumnya, yakni Rp 25 juta.

“Calon jamaah haji mendaftar pertama Rp 25 juta untuk mendapatkan kursi. Sedangkan pelunasan seperti pada tahun 2020 kurang lebih total Rp 37 juta. Dan 2022 mencapai total Rp 42 juta. Untuk biaya tambahan lain dari subsidi atau uang manfaat pemerintah melalui BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji),”  kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuban Ashabul Yamin, Kamis (9/2/2023).

Disampaikan dia, dalam urusan haji ada dua istilah terkait pembiayaan ibadah haji. Yakni Biaya perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan BPIH. Untuk Bipih, jelas dia,  sasarannya adalah calon jamaah haji dan BPIH sasarannya kalau secara umum, yakni pemerintah nasional. Lebih lanjut, dalam BPIH sebetulnya biayanya antara Rp 80 juta sampai Rp 100 juta. Namun karena ada uang manfaat akhirnya calon jamaah haji mendapatkan subsidi dan hanya membayar Rp 42 juta seperti pada tahun 2022.

Terkait dengan usulan kenaikan  biaya ibadah haji yang mencapai sekitar Rp 69 juta, itu masih sebatas  usulan ke  DPR komisi VIII. Usulan kenaikan tersebut lantaran dana jatah subsidi calon jamaah haji dari Badan Pengelola Keuangan Haji  (BPKH) sudah menipis. Bahkan diperkirakan tahun 2027 sudah habis.

Oleh karena itu, agar duit anggaran subsidi ibadah haji tidak cepat habis sampai 2027 maka diusulkan ada kenaikan.  “Jadi sampai hari ini terkait dengan biaya perjalanan ibadah haji belum ada kejelasan, lantaran masih dalam taraf usulan dan proses penggodokan,” bebernya.

Terkait dengan kuota calon jamaah haji pada Tahun 2023, pengumuman resminya akan disampaikan ketika biaya ibadah haji sudah resmi. Dan untuk tahun ini tidak ada batasan usia dan calon jamaah haji yang berusia 65 tahun keatas akan diberangkatkan sesuai dengan kuota.  RHOFIK SUSYANTO/ami

Print Friendly, PDF & Email