Published On: Kam, Jan 24th, 2013

Balita Di Semanding, Menderita Penyakit Langka

Share This
Tags

Pulung bersama ibunya

Penulis : Hanafi

SEMANDING

seputartuban.com – Balita bernama Pulung Refi Sugiarto (3) warga Dusun Tlogo, Desa Prunggahan Kulon, RT. 02, RW.11, Kecamatan Semanding, Tuban menderita sakit tulang keropos. Atau nama latinya Displastic Bone Neurofibromatosis.

Ayah Pulung, yang sehari-hari sebagai tukang batu ini, saat dikunjungi seputartuban.com, Rabu (23/1/2013) menuturkan bahwa kelainan anaknya ini diketahui usai dirujuk ke RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Putra pasangan Kacung Budi (28) dan Tini Andriyati (24) ini sejak umur 1 tahun 6 bulan menderita panas tinggi. Sehingga dibawa ke Puskesmas setempat dan dilakukan pengobatan. Selang beberapa hari kemudian masih mengalami panas tinggi. Sehingga dibawa ke RSUD Dr. R Koesma Tuban untuk mendapatkan perawatan medis.

Dan diketahui bahwa Pulung sedang menderita tulang keropos. Dan karena keteratasan peralatan medis,sehingga mendapatkan rujukan ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Kemudian, saat Pulung diperiksa di DR. Sotomo Surabaya. Baru diketahui menderita penyakit Displastic Bone Neurofibromatosis dan Hidrocepualus. Ini merupakan penyakit langka karena separuh badanya mengalami pengeroposan tulang. Dan hingga saat ini masih didiskusikan para dokter ahli dari Indonesia dan Singapura untuk menemukan obatnya.

Hasil foto Rontgen Pulung

“Memang ada sepatu bantuan untuk berdiri. Namun anak saya bila usai memakainya pasti kesakitan, karena tidak sesuai dengan bentuk bengkoknya kaki. Saya berharap bisa diobati dan sembuh seperti anak umumnya. Dan bisa melanjutkan sekolah PAUD lagi, ” ungkap ayah Pulung.

Dengan segala keterbatasan biaya, Pulung saat ini harus menjalani rawat jalan dari RSUD Dr. Soetomo. Sambil menunggu keputusan medis apa yang akan dilakukan kepada Balita ini. Sedangkan kondisinya saat ini tulang mulau mengalami keropos dan kaki serta tangan kiri bengkok.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos