Published On: Jum, Okt 11th, 2019

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Pegawai Lapas Tuban Jalani Tes Urine

seputartuban.com, TUBAN -Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban memeriksa urine 53 pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban, Jumat (11/10/2019). Dalam pemeriksaan itu petugas BNNK Tuban, tidak mendapati pegawai Lapas mengunakan narkoba atau jenis obat-obatan terlarang.

NIHIL : Petugas BNNK saat memeriksa urine petugas Lapas Tuban
NIHIL : Petugas BNNK Tuban saat memeriksa urine petugas Lapas Tuban

Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana menjelaskan tes urin tersebut bertujuan untuk menekan angka peredaran narkoba dikalangan pegawai Lapas. “Hari ini kita menggelar tes urine, dan hasilnya tidak ada pegawai yang terindikasi mengunakan narkoba dan obat terlarang,” katanya.

Made menambahkan, pemeriksaan narkoba ini sangat perlu dilakukan, mengingat para pegawai adalah contoh bagi masyarakat lain. Apalagi di dalam Lapas sendiri, terdapat beberapa napi yang mendekam dengan kasus narkoba. “Pemberantasan narkoba harus kita mulai dari pegawainya, karena dia adalah contoh dan harus memberikan suri tauladan yang baik,” tegasnya.

Lebih lanjut ,Tak hanya kali ini saja para pegawai Lapas di tes urine, tahun sebelumnya, kegiatan serupa juga pernah dilakukan. BNNK tidak mendapatkan pegawai yang terindikasi terlibat penyalahgunaan narkoba. “Tidak hanya pegawai, sebelumnya kami juga melakukan kegiatan yang sama pada penghuni Lapas, terutama mereka yang menghuni sel narkoba,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Lapas Kelas II B Tuban, Suntoro usai tes urine mengatakan, tes urin terhadap petugas Lapas dilakukan juga dalam rangka Hari Dharma Karyadhika Ke 74. Dari 67 pegawai Lapas hanya 53 yang menjalani tes urine. Sementara 14 sisanya tengah mengikuti dinas di luar kota. “Ada yang dinas luar, jadi tidak bisa mengikuti, tapi nanti kita adakan tes urine ulang kepada mereka,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos