Published On: Ming, Jan 27th, 2013

289 Lowongan Kades, Pemkab Siapkan Rp. 2,2 Milyar

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 289 Kepala Desa (Kades) Se-Kabupaten Tuban akan habis masa jabatannya pada Juli 2013 ini. Sehingga untuk mengisi lowongan jabatan ini akan digelar Pemilikan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB (Bapemas dan KB) Pemkab Tuban, Ahmad Amin Sutoyo. Saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Sabtu (26/1/2013) mengatakan pelaksanaan Pilkades akan dilakukan oleh panitia desa setempat.

Dengan tugas melakukan pendataan warga yang sudah memiliki hak pilih. Selanjutnya melakukan regristasi dan persyaratan yang diajukan kepada panitia Pilkades didesa. Pengundian nomor urut  calon Kades. Dan tahapan Pilkades akan dimulai sejak Mei 2013 dan pelaksanaan pemilihan pada Juli 2013.

Dan tanggal pelaksanaan Pilkades tidak diseragamkan. Karena setiap desa pelaksanaan Pilkadesnya berbeda waktunya. Karena kewenangan sepenuhnya diserahkan oleh panitia desa sesuai aturan yang ada.

Dan Pemkab Tuban hanya memberikan fasilitas berupa pendanaan. Yakni panitia desa akan mendapatkan dana berdasarkan jumlah hak pilihnya yaitu Rp. 3 ribu per pemilih. Dan total anggaran se Kabupaten yang disiapkan sebesar Rp. 2,2 Milyar.

“Proses Pilkades disertahkan panitia desa. Pembiayaan akan dilakukan dari pendapatan asli desa (PAD) dan hasil pengelolaan desa sendiri. Pemkab hanya memberikan fasilitas berupa uang tunai pada desa untuk digunakan proses Pilkades. Besarnya tidak sama, setiap 1 hak pilih sebesar Rp. 3 ribu,” jelas Amin.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos