oleh

Wujud Perhatian Nyata EMCL, Gandeng el-SAL Indonesia Bangun Dua Desa di Kecamatan Palang

seputartuban.com, PALANG – Keberadaan Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) semakin memberikan manfaat nyata kepada masyarakat. Khususnya di wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Kali ini di Desa Leran Kulon dan Desa Glodog. Dengan membangun fasilitas sarana prasarana umum yang bermanfaat untuk masyarakat luas dalam program Patra Daya.

Personal In Charge (PIC) EMCL, Joni Wicaksono mengatakan bahwa konsentrasi perusahaannya berfokus membantu menselaraskan program pemerintah. Yakni dalam bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, hingga pengembangan ekonomi disekitar wilayah operasional perusahaan, baik pada tingkatan hulu hingga hilir.

“EMCL bersama mitra lembaga yang dalam hal ini diprakarsai oleh Yayasa EL-SAL Indonesia, tengah melaksanakan berbagai pekerjaan fisik diwilayah Desa Leran Kulon, dan Desa Glodog, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Setelah diserahterimakan, kami berharap pekerjaan infrastruktur ini dapat membawa manfaat besar dan berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat”. Tegasnya usai serah terima pekerjaan program, Jumat (03/12/2021) siang.

Beberapa pengerjaan fisik yang sudah selesai dikerjakan tersebut diantaranya ialah pengerjaan Pembangunan gedung / kantor diwilayah Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Gedung tersebut akan digunakan untuk ruang PKK dan ruang Karang Taruna dengan ukuran panjang 15 meter x lebar 7,5 meter.

.

Sedangkan untuk Desa Glodok, berdasarkan hasil musyawarah melibatkan pemerintah desa, tokoh pemuda, tokoh Masyarakat dan unsur perempuan, diputuskan pembangunan drainase. Dengan ukuran 59,5 meter X 0,8 meter X 0,6 meter dan 29,0 meter X 0,3 meter X 0,3 meter. Karena kawasan jalan lingkungan tersebut menjadi langganan genangan air saat hujan lebat.

Manager Program Aksi Kemitraan Untuk Pemberdayaan Masyarakat, el-SAL mengatakan pihaknya sudah melakukan sejumlah hal dalam mendampingi program ini. “Kami sudah membekali materi kepada para Tim Pelaksana Kegiatan (Timlak)  (9/9/2021) diruang pertemuan Desa Glodog. Mereka sudah diberikan pembinaan dan peningkatan kompetensi untuk membuat serta menyusun pelaporan pertanggungjawaban pekerjaan,” ungkapnya.

Kepala Desa Glodog, Sudjianto mengapresiasi kepedulian ini. Pihaknya menyampaikan terimkasih kepada tim el-SAL yang sudah memberikan bimbingan hingga pendampingan kepada tim pelaksana kegiatan diwilayahnya dengan maksimal. Serta kepada EMCL yang telah peduli dengan program ini.

“Kami menyampaikan banyak terimakasih kepada EMCL karena sudah memberikan CSR-nya berupa bangunan infrastruktur untuk desa kami. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada el-SAL Indonesia karena telah memberikan pembinaan dan peningkatan kompetensi untuk kami,” tegasnya.

Senada diungkapkan Kepala Desa Leran Kulon, Parlin yang menegaskan pembangunan itu sangat dibutuhkan warganya. Sehingga sangat bermanfaat untuk untuk masyarakatnya.

“Bangunan ini sudah lama dibutuhkan warga mengingat kami masih terkendala keterbatasan tempat, namun kini sudah terealisasi. Kami berterimakasih kepada EMCL dan sangat senang sekali karena sudah memfasilitasi kegiatan PKK dan Karang taruna di desa kami,” ungkapnya.

Diketahui, seluruh tahapan pelaksanaan pekerjaan fisik tesebut sebelumnya mulai dari tahapan sosialisasi program Patra Daya melibatkan Pemdes, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan unsur perempuan. Kemudian dilakukan pembentukan tim pelaksana kegiatan. Selanjutnya pelatihan untuk Timlak. Hingga melaksanakan pekerjaan fisik selama 30 hari kalender. Yakni terhitung sejak pertengahan bulan Oktober hingga pertengahan bulan Desember 2021. ARIF AHMAD AKBAR/ADS

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru