oleh

Wabup Tuban : Dana Desa Bukan Untuk Kantongnya Kades

TUBAN

aWabup Tuban

seputartuban.com – Sejumlah desa sangat berpotensi terhambat dalam melaksanakan UU Desa mulai 2015. Karena hingga saat ini sebanyak 92 desa belum mememiliki Sekretaris Desa. Karena posisi jabatan ini sangat penting dalam pelaksanaan administrasi Pemerintah Desa.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan Pemkab Tuban hingga saat ini belum mengambil tindakan atas kekosongan jabatan puluhan Sekdes ini. Karena menurutnya belum ada regulasi yang mengatur mekanisme pengisian kekosongan jabatan ini.

“Saat ini Sekdes tidak harus Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun Peraturan Pemerintah (PP) belum ada, sehingga kita menunggu aturan itu diterbitkan oleh pemerintah,” kata Wabup, Rabu (26/11/2014).

Saat ini sudah dilakukan langkah penyiapan pelaksanaan UU Desa melalui dana desa dan bantuan keuangan desa di Kabupaten Tuban. Yakni dengan pelatihan kepada Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa. Agar mereka dapat mengelola keuangan sesuai peraturan perundangan. Karena jika tidak paham mengelolanya, justru akan menimbulkan masalah.

“Kepala Desa harus berhati-hati, sebab dana itu bukan untuk kantongnya Kepala Desa. tetapi untuk kepentingan masyarakat. Bila ada Kepala Desa yang menyelewengkan dana tersebut akan berurusan dengan hukum dan diproses sesuai dengan peraturan yang ada,” ungkap Wabup.

Diketahui, mulai 2015 seluruh desa di Kabupaten Tuban akan mendapatkan dana melimpah, mulai ratusan juta bahkan hingga milyaran. Tergantung luas wilayah, jumlah penduduk dan jumlah penduduk miskin desa setempat.MUHLISHIN

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru