oleh

Tuban Kembali Terapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah Kabupaten Tuban telah menererbitkan surat edaran ( SE ) Bupati Tuban nomor 367/133/414.012/2021 tanggal 12 Januari. Tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

SE Bupati diterbitkan untuk menindaklanjuti keputusan  Gubernur Jawa timur Nomor 188/7/KPTS/013/2021 tanggal 9 Januari 2021. Tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat untuk penyebaran covid-19 di Kabupaten Tuban yang belum terkendali.

Juru Bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, Kamis (14/1/2021) mengatakan penerbitan SE Bupati Tuban ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus agar tidak semakin merajalela. “Ini merupakan upaya pemerintah dalam pencegahan Covid-19,” katanya.

Tercatat dalam SE tersebut, ada beberapa poin penting  kegiatan yang dibatasi, baik waktu pelaksanaan dan jumlah kunjungannya. Pertama adalah kegiatan belajar mengajar mulai TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dilaksanakan secara daring/online.

Kegiatan restoran/warung/cafe yang melayani makan/minum ditempat dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas tempat maksimal sampai dengan pukul 21.00 WIB. Sedangkan pelayanan makanan/minuman melalui pesan antar/ dibawa pulang diizinkan sesuai jam operasional restoran/warung/cafe.

Kegiatan ekonomi juga diatur jelas harus mengatur sirkulasi pengunjung dengan menerapkan batasan waktu kunjungan. Khusus untuk supermarket/mall jam operasionalnya dibatasi sampai pukul 21.00 Wib. Pembatasan  di objek wisata juga tetap berlaku yaitu 30 persen pengunjung dari kapasitas wisata. Sekaligus memastikan setiap pengunjung taat protokol kesehatan.

Jumlah jamaah tempat ibadah juga dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas total. Serta menempatkan satu petugas untuk memantau dan memastikan jamaah menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air, serta menjaga jarak. Kegiatan  hajatan, seni, dan budaya serta pertemuan lain diatur pelaksanaannya dengan pembatasan jumlah yang diundang.

Pelaksanaannya juga harus mendapat izin dari Satgas Covid-19. Ditegaskan jika pembatasan kegiatan ini dilanggar, maka Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait bisa melakukan tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Pembatasan ini berlaku mulai 13 Januari 2021 hingga situasi Covid-19 di Kabupaten Tuban lebih terkendali,” tegasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru