oleh

Tim Medis Terpapar Covid-19, Lima Puskesmas di Kabupaten Tuban Tutup

seputartuban.com, TUBAN – Tuban saat ini sedang dalam kondisi zona merah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Mulai masyarakat hingga pejabat terpapar virus yang kian populer ini. Bahkan dipenghujung tahun 2020 ini, sebanyak 5 Puskesmas harus ditutup sementara. Untuk memutus penyebaran virus tersebut.

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyah membenarkan penutupan sementara  5 Pukesmas tersebut. “Memang beberapa Pukesmas ditutup sementara. Tapi tidak ditutup total,” katanya, Sabtu (26/12/2020).

Endah menjelaskan, penutupan pukesmas disebabkan terdapat staf yang terpapar Covid -19. Juga  sambil menunggu hasil tes swab. Jika sudah diketahui hasil swab negative, maka dibuka lagi dan tidak harus menunggu sesuai tanggal surat yang sudah ditentukan.

“Penutupan sementara sebagai upaya pencegahan. Biar tidak penularan berantai maka staf lain yang  kontak menjalani karantina,” jelasnya.

Adapun pukesmas yang ditutup sementara yakni Pukesmas Montong, menutup sementara pelayanan rawat jalan, IGD dan rawat inap. Terhitung mulai 26 Desember sampai dengan 2 Januari 2021. Untuk pelayanan persalinan  tetap buka.

Pukesmas Soko, menutup sementara pelayanan rawat jalan, IGD pelayanan persalinan dan rawat inap. Terhitung mulai 27 Desember sampai dengan 3 Januari 2021. Pukesmas Klotok tutup sementara mulai 28 Desember sampai 2 Januari 2021.

Selain itu, Pukesmas Palang juga tutup sementara mulai 26 Desember sampai dengan 3 Januari 2021. Sedangkan Pukesmas Tambakboyo pelayanan rawat jalan, UGD, rawat inap dan persalinan ditutup sementara mulai 26 Desember sampai dengan 4 Januari 2021. Penutupan Puskesmas di wilayah Kabupaten Tuban terjadi bukan kali ini saja. Sejumlah Puskesmas lainnya juga pernah ditutup sementara. Bahkan ada yang sudah 2 kali ini ditutup pelayanannya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru