SRG Tuban Disrtibusikan BPNTD 147.200 Kg Beras

seputartuban.com, TUBAN – PT. Mahkota Surya Nusantara, pengelola Sistem Resi Gudang (SRG), sebagai pemenang tender pengadaan beras Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNTD) mendistribusikan bantuan sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah kabupaten.

Direktur PT Mahkota Surya Nusantara, SRG Tuban, Nuril Yanuar menjelaskan, penyaluran 147.200 Kg beras yang terbagi dalam 14.720 zak untuk 3,680 keluarga penerima manfaat (KPM) sesuai jadwal. Dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Pemberdayaan Masyarakat Desa telah menjadwal bantuan tahap I (Januari-April). Yakni mulai 31 Oktober sampai 3 November 2022.

“Sistem distribusi dari SRG disuplai ke koordinator lapangan di masing kecamatan. Tiap kecamatan kami ada 1 koordinator lapangan. Dari koordinator lapangan, barang dicek sesuai jumlah dan kualitasnya. Lalu disebar ke KPM melalui tiap-tiap balai desa di kecamatan,” katanya.

Hingga Selasa, (01/11/2022) sudah 10 kecamatan telah didistribusikan beras BPNTD tersebut. “Ada 10 kecamatan yg belum terdistribusi, mengingat jadwal sisa kecamatannya besok dan lusa. Target kami, beras akan selesai terdistribusi sesuai dengan jadwal,” imbuhnya.

Pengawasan pendistribusian bantuan ini dilakukan berjenjang, sesuai dengan surat edaran dari Dinsos P3APMD, nomor 460/ 4786 /414.105.3/2022. Isinya, “Penyedia barang yang telah ditetapkan sebagaimana ketentuan yang berlaku, akan berkoordinasi dengan masing-masing Kepala Desa/Kelurahan sebelum pelaksanaan penyaluran BPNTD”.

“Dinas sosial sudah menginformasikan secara tertulis ke tiap-tiap kecamatan. Jadi ketika dropping, pengawasan dibantu oleh perangkat kecataman dan perangkat desa terkait,” ungkapnya.

Sedangkan coordinator lapangan tiap kecamatan yang ditunjuk SRG bukan karyawan. Namun menunjuk seseorang dari wilayah setempat. “Koordinator bukan karyawan SRG, melainkan warga lokal di tiap-tiap kecamatan yang paham dengan KPM penerima bantuan. Sehingga memudahkan kami untuk distribusi ke KPM. Tugasnya mengecek kualitas barang, mengecek jumlah barang yang akan didistribusikan dan mendistribusikan barang ke KPM,” pungkasnya. Nal

Berita Sebelumnya : BPNTD Tuban Senilai Rp. 5 Miliar Lebih Dicairkan

Print Friendly, PDF & Email