Selanjutnya, Siapa Nahkoda Muhammadiyah Tuban?

28 Nama Ramaikan Bursa Musyda, Mulai Tokoh Muhammadiyah, Pemuda hingga Mantan Ketua DPRD Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Estafet kepemimpinan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tuban Jawa Timur bakal dihelat dalam Musyawarah Daerah (Musyda) ke-XII pada Sabtu dan Minggu (18-19/3/2023).  Pembukaan Musyda Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-XII Kabupaten Tuban digelar di Pendapa Krido Manunggal Tuban, pada Sabtu (18/3/2023). Sedangkan proses pemilihan berlangsung di SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban di Jalan Hos Cokroaminoto.

Ketua Panitia Musda XII PDM Tuban, Edi Utomo mengatakan, proses Musda ke-XII ini melalui dua tahap. Tahap pertama digelar pada Sabtu (18/02/2023) dengan agenda penyampaian laporan pertanggung jawaban (Lpj) kepengurusan  periode 2015-2022 dan sidang komisi-komisi. Sementara tahap II akan digelar hari Minggu (19/03/2023). Agendanya sidang pleno Pemilihan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban Periode 2022-2027 hingga penetapan.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pemilihan Musda XII PDM Tuban, M. Chusnul Yakin menyampaikan,  awalnya ada sebanyak 53 nama yang mendapatkan rekomendasi untuk maju menjadi calon Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban. Namun, hanya sebanyak 28 calon yang mengembalikan berkas dan bersedia menjadi calon Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban. “Awalnya ada sebanyak 53 nama yang mendapat rekomendasi, tapi yang menyerahkan berkas dan bersedia hanya sebanyak 28 calon,” terang Chusnul Yakin saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Tuban ini menambahkan, ada dua nama calon yang pernah menjabat sebagai Ketua PDM Tuban. YakniMambaul Musofa, Ketua PDM Tuban periode 2010-2015 dan Nurul Yakin, Ketua PDM Tuban periode 2015-2022. “Untuk pak Nurul Yakin ini jabatannya ketuanya terlama, yakni 7 tahun. Karena 2020 lalu untuk menggelar Musyda tidak memungkinkan akibat pandemi, sehingga SK-nya diperpanjang 2 tahun,” ungkapnya.

Panitia pemilihan berharap, Musda XII PDM Tuban dengan tema “Membumikan Dakwah, Mencerahkan Peradaban” ini bisa berjalan dengan lancar. Siapapun yang terpilih nantinya diharapkan bisa menjadikan Muhammadiyah di Tuban lebih maju dan lebih baik. “Tentu kami dari panitia berharap, Musda ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan tertib sampai selesai,” tutupnya.

Data dan informasi yang dihimpun seputartuban.com, dari 28 calon ketua PDM Tuban, seluruh pucuk PDM Tuban turut mencalonkan. Selain ketua PDM, ada nama wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris dan bendahara. Selain itu dari majlia dan lembaga PDM Kabupaten Tuban. Nama dari unsur Pimpinan Daerah dan Wilayah Pemuda Muhammadiyah juga masuk. Bahkan politisi hingga ada nama Marwan, mantan Ketua DPRD Tuban. RLS/ami

Print Friendly, PDF & Email