oleh

Satu Abad SH Terate, Cabang Tuban Terus Berkembang Membumikan Ajaran

seputartuban.com, TUBAN – Peringatan seratus tahun Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Tuban berjalan meriah Minggu (4/9/2022) malam kemarin. Mendatangkan ribuan warga (sebutan anggota) baru yang baru disahkan pada bulan Suro (muharram) lalu dan masyarakat umum. Di Padepokan SH Terate Cabang Tuban, kawasan Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kab. Tuban itu menyemut orang memakai seragam hitam.

Sebelum acara utama dimulai, dilakukan pemberian kepada seratus anak yatim. Selanjutnya penyerahan buku seratus tahun SH Terate dari humas cabang kepada ketua cabang. Dengan judul “Membumikan Ajaran, Jejak Emas Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Tuban”. 

Perayaan semakin meriah dengan adanya pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Muhammad Prasetyo Pamugkas Bayu Aji dari Surakarta dengan lakon Kresna Dhuta hingga pagi dini hari.

Ketua SH Terate Cabang Tuban, Kangmas H. Lamidi, S.P mengatakan, agenda pringatan yang cukup meriah ini dalam rangka bersyukur bahwa seratus tahun yang lalu SH Terate lahir yang didirikan oleh tokoh pendekar dari Madiun, Jawa Timur Ki Hajar Harjo Utomo yang juga seorang pahlawan perintis kemerdekaan. Sampai akhirnya terus berkembang hingga saat ini. ‘’Untuk itu, saudara-saudaraku mari kita selalu berjuang dan mengisi pembangunan di wilayah Tuban yang kita cintai ini,’’ ujarya.

Tapi dengan perkembangan yang pesat, seperti di Tuban tahun ini saja bertambah 1.600 anggota baru. Lamidi mewanti-wanti, semua anggota menahan diri dan tidak mencoreng nama baik perguruan silatnya dengan semakin merepotkan tugas-tugas keamanan.

Sambutan Ketua Cabang
Ketua SH Terate Cabang Tuban, H. Lamidi, S.P. saat menyampaikan sambutan

Selain itu, diharapkan para anggota SH Terate dapat mengaktualisasikan ajaran, tradisi, aturan dan etika yang melekat pada setiap insan SH Terate dimanapun berada. Dalam kehidupan sehari-hari, sehingga  diterima dan dicintai masyarakat. “SH Terate Tuban berkomitmen untuk saling menjaga membuat aman dan nyaman di daerahnya masing-masing. Serta berperan positif dalam bidang kehidupannya masing-masing’’ tegasnya.

Lebih lanjut, Kangmas Lamidi menjelaskan, selain pembangunan dan kemanan, SH Terate juga berkomitmen untuk menjaga tradisi leluhur. Buktinya, dalam peringatan seratus tahun SH Terate kemarin, dilakukan dengan pagelaran wayang kulit. ‘’Harapannya semua masyarakat dan warga SH Terate ikut menjaga tradisi dan kesenian terdahulu,’’ tutup Ketua Cabang yang juga Kabid Ketahanan Pangan DKPP Tuban itu.

Ketua Dewan Harkat Martabat SH Trate Pusat, Kangmas Laksamana Pertama TNI KRT. Sidiq Mustofa TN, S.E., M.M. mengatakan, seratus tahun SH Terate adalah capaian yang patut disyukuri bersama, apalagi dengan terus bertambahnya anggota. ‘’Terima kasih ketua cabang telah bersama rakyat Tuban, untuk menciptakan sumber daya manusia yang potensial,’’ ujarnya dalam memberikan sambutan.

Perjalanan panjang perguruan silat yang berdiri di Madiun ini, sudah sepatut menjadi cerminan anggotnya untuk meneruskan tekat para pendahulunya. ‘’Sudah sepatutnya semua anggota untuk terus mengembangkan SH Trate untuk menjadi SDM lebih baik,’’ ujarnya.

Kangmas Sidik, sapaannya, juga mendorong agar potensi anggotanya yang begitu besar bisa mengawal dan membantu pemerintah daerah dalam pembangunan. ‘’Harapan besar dari saya, peluang-peluang untuk berprestasi selalu terbuka ini untuk diambil, inilah yang akan mengangkat nama baik Tuban,’’ jelas Kepala Biro Hukum Persidangan dan Humas Kemekopolhukam ini.

Hadir dalam acara ini, Ketua Perwakilan Pusat Wilayah Jawa Timur, Kangmas Drs. Hendri Sugeng Santoso. Anggota DPR RI, Ketua dan sesepuh SH Terate Cabang Lamongan, Lamongan dan Rembang. Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Dandim 0811 Tuban, Kapolres Tuban, Kajari Tuban, Dua Wakil Ketua DPRD Tuban, Kepala Kesbangpol Tuban. Ketua Perguruan Silat yang tergabung dalam IPSI Kab. Tuban, para pegiat budaya Tuban, seluruh pengurus cabang, ranting dan warga SH Terate Cabang Tuban yang disahkan tahun 2022 ini.

Diketahui, dalam rangkat 100 abad SH Terate, Cabang Tuban sebelumnya telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Secara lokal maupun menjalankan program dari pengurus pusat. Yakni kirab tanah dan air dari jajaran rayon, ranting, cabang hingga nasional. Melaksanakan peragaan jurus kolosal dan kenduri nasional. Juga kegiatan pengajian dan bhakti sosial juga dilakukan ditingkat ranting dan rayon se-cabang Tuban. tim

Print Friendly, PDF & Email